Kebakaran KMP Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni, Kerugian Rp1 Miliar

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 14:46 WIB
loading...
Kebakaran KMP Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni, Kerugian Rp1 Miliar
Ditreskrimum Polda Lampung melakukan olah TKP kasus kebakaran yang melanda Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan. Foto/MPI/Ira Widyanti
A A A
LAMPUNG SELATAN - Ditreskrimum Polda Lampung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus kebakaran yang melanda Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tranship 1 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Dalam kegiatan olah TKP tersebut, sejumlah petugas kapal juga turut diperiksa untuk memastikan penyebab kebakaran.


Berdasarkan video yang diterima, setibanya di lokasi anggota Ditreskrimum Polda Lampung dan Inafis Polres Lampung Selatan langsung melakukan olah TKP KMP Tranship 1 di Dermaga 4 Pelabuhan Bakauheni.

Polisi juga memeriksa dek kapal yang menjadi titik kebakaran



Dalam proses identifikasi, petugas turut membawa anak buah kapal (ABK) KMP Tranship 1 untuk mengikuti olah TKP. Hal ini guna memastikan penyebab kebakaran.

Hasil identifikasi dan tanda-tanda di lokasi kejadian, KMP Tranship 1 terbakar berasal dari mutan motor listrik yang dimuat truk kargo bernomor polisi B 9239 UXW yang mengalami korseleting.


Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan, untuk memperkuat hasil olah TKP, pihaknya telah memeriksa sopir, kernet, juru masak dan ABK KMP Tranship 1.

"Beberapa orang sudah kita mintai keterangan. Termasuk sopir dan kernet, serta kru KMP Tranship 1," ujar Yusriandi, Sabtu (21/10/2023).

Berdasarkan hasil olah TKP, lanjut Yusriandi, diperkirakan kerugian dari peristiwa kebakaran tersebut mencapai Rp1 miliar lebih.

Sebelumnya, insiden kebakaran terjadi di kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tranship I milik PT Tranship Indonesia, pada Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin membenarkan adanya insiden kebakaran di KMP Tranship I.

Menurut Shelvy, ASDP telah berkoordinasi dengan aparat, dan mitra terkait. KMP Tranship I kemudian melakukan manuver sandar di dermaga IV Pelabuhan Bakauheni yang dibantu oleh tugboat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)