Bersama Dinasti Nusantara, Raja-Sultan Madura Siap Menangkan Ganjar

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:23 WIB
loading...
Bersama Dinasti Nusantara, Raja-Sultan Madura Siap Menangkan Ganjar
Acara Festival Adat dan Budaya Madura (FABM) di Aula Hotel Syariah Bangkalan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jumat (20/10/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANGKALAN - Dinasti Madura yang terdiri dari raja, sultan, hingga tokoh masyarakat adat siap memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Pernyataan ini dilakukan bersama relawan Dinasti Nusantara.

Irawan Haryonowiro Adiningrat dari Keraton Sembilangan Bangkalan Madura mengatakan, Dinasti Madura meyakini Ganjar Pranowo dapat mendorong pelestarian adat dan budaya kerajaan. Selama ini Ganjar sangat peduli dan konsern terhadap adat-kebudayaan nusantara selama menjabat gubernur Jateng.

“Beliau bisa (melestarikan adat dan budaya), apalagi jika interaksi ini bisa berjalan dengan bagus. Kami yakin beliau pasti bisa,” kata Irawan dalam forum diskusi dan silaturahmi pada rangkaian acara Festival Adat dan Budaya Madura (FABM) di Aula Hotel Syariah Bangkalan, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jumat (20/10/2023).

Dalam kesempatan itu raja-sultan hingga tokoh masyarakat adat se-Madura dikenalkan dengan sosok Ganjar Pranowo yang punya garis keturunan dari keluarga kerajaan di wilayah Sunda dan Jawa. Seusai diskusi, Dinasti Madura menyatakan mendukung Ganjar sebagai Presiden 2024 dengan menandatangani surat pernyataan dan spanduk.

Mewakili seluruh rajan-sultan dan tokoh masyarakat adat se-Madura, Irawan berharap Ganjar konsisten melestarikan dan mengangkat kebudayaan Madura ketika menjadi Presiden 2024. “Mungkin beliau bisa lebih memfasilitasi kami untuk lebih melestarikan dan merawat kearifan lokal yang ada di Madura,” ujarnya.

Pada rangkaian acara FABM yang diketuai RP M Cholil Suroadikusumo, Dinasti Madura turut mengundang Dinasti Nusantara dalam seminar Adat dan Budaya Madura yang digelar di Aula Hotel Ningrat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan.

Mereka juga menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah Masyarakat Adat Nusantara (DPD Matra) Kabupaten Pamekasan dan Sampang 2023-2028 di Pendopo Agung Pratanu, Kabupaten Bangkalan.

Rangkaian FABM dihadiri penggagas dan pendiri Dinasti Nusantara Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II dari Yogyakarta, Koordinator Nasional Dinasti Nusantara KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan, dan Sekjen Dinasti Nusantara Tengku Maliana Zufrine dari Kerajaan Negeri Padang Deli Sumatera Utara.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)