Edukasi Pelestarian Lingkungan, Usbat Ganjar Inisiasi Penanaman Mangrove

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:02 WIB
loading...
Edukasi Pelestarian Lingkungan, Usbat Ganjar Inisiasi Penanaman Mangrove
Relawan Usbat Ganjar Sumut menginisiasi kegiatan penanaman mangrove di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, Jumat (20/10/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LANGKAT - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut berpartisipasi dalam menjaga proses kelestarian alam lingkungan pesisir di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat. Loyalis Ganjar Pranowo menginisiasi kegiatan penanaman mangrove.

Aksi Usbat Ganjar Sumut itu meraup antusiasme masyarakat mulai dari anak-anak muda hingga dewasa.
Korda Usbat Ganjar Kabupaten Langkat Muhammad Rizki mengatakan, menjaga kelestarian lingkungan hidup membawa beragam dampak positif bagi kelangsungan hidup masyarakat.

"Masyarakat sangat antusias terhadap kegiatan seperti ini karena dapat membantu daripada lingkungan hidup yang ada di daerah mereka, sehingga kehidupan yang ada di Desa Selotong ini dapat diperbaiki dengan lebih baik lagi ke depan," kata dia di lokasi, Jumat (20/10/2023).

Pohon mangrove atau juga dikenal juga dengan bakau adalah jenis tanaman yang tumbuh di semak-semak atau hutan lebat di muara, rawa, atau pantai. Penanaman mangrove berguna untuk membantu menstabilkan ekosistem dan mencegah abrasi.

Sejumlah upaya yang dilakukan Usbat Ganjar mulai dari edukasi hingga aksi penanaman mangrove bertujuan memberi rasa aman dan nyaman masyarakat sehingga memitigasi terjadinya abrasi. Rizki mengajak masyarakat setempat untuk selalu menjaga lingkungan serta berperan aktif memitigasi bencana di wilayahnya.

"Harapan kita bagaimana kegiatan ini mampu menahan dan memperbaiki ekosistem di daerah pesisir pantai, khususnya di desa kita ini di Selotong. Juga menahan abrasi dan banjir di daerah pesisir pantai," jelasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)