Beragam Cara Relawan KawanJuang GP Memperkenalkan Sosok Ganjar

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 10:05 WIB
loading...
Beragam Cara Relawan KawanJuang GP Memperkenalkan Sosok Ganjar
Relawan KawanJuang GP menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi, Kota Bandung, Kamis (19/10/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Relawan KawanJuang GP menggelar bakti sosial di panti lansia di Kota Bandung. Kegiatan yang diikuti 143 orang kelompok lanjut usia ini dilakukan di Panti Sunarti Nasution, Gegerkalong dan Panti Sosial Tresna Werdha Senjarawi, Kota Bandung, Kamis (19/10/2023).

Koordinator acara Benny Kurniadi, mengungkapkan Bakti sosial relawan KawanJuang GP itu berupa pemeriksaan gratis. "Kami concern sekali ke wilayah yang jarang didatangi tenaga kesehatan dari luar seperti di panti lansia ini, yang tidak tersentuh layanan kesehatan," katanya.

Pemeriksaan kesehatan mencakup tekanan darah, asam urat, kolestrol dan gula darah. Benny melanjutkan, pengurus panti berharap agar kegiatan seperti ini dilakukan secara berkala. Penghuni panti lansia berumur antara 65-94 tahun.

Rata-rata mereka tidak memiliki keluarga sehingga menghabiskan masa senjanya jauh dari orang-orang tercinta. Selama ini tidak ada tenaga kesehatan yang rutin datang berkunjung. "Kalau ada masalah, baru memanggil dokter," lanjutnya.

Di setiap pemilu, menurut Benny, penghuni panti lansia memiliki hak suara. Nama mereka tercantum dalam daftar pemilih tetap. Namun lokasi tempat pemungutan suara yang agak jauh dari panti membuat para lansia kesulitan untuk menjangkaunya.

"Petugas di TPS tidak melakukan jemput bola ke panti-panti, sedangkan kakek dan nenek penghuni panti kesulitan mendatangi lokasi TPS," tuturnya.

Mereka berharap pada pemilu kali ini, petugas TPS bisa mendatangi panti jompo. Meski sudah berusia lanjut, menurut Benny, antusiasme penghuni panti lansia terhadap pemilu masih tinggi.

Selain bakti sosial di panti jompo, relawan KawanJuang GP menggelar acara serupa di Pondok Betung, Tangerang Selatan. Pemeriksaan gratis diikuti 150 warga sekitar.

Relawan KawanJuang GP juga membagikan 300 nasi bungkus kepada masyarakat di sekitar Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan. Menurut koordinator acara, Adi Nugroho, nasi bungkus dibagikan gratis kepada masyarakat yang sebagian besar bekerja di sektor informal.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)