APDESI dan Ribuan Mahasiswa Tuntut Pj Gubernur Sulsel Dicopot, Ini Pemicunya

Selasa, 17 Oktober 2023 - 04:36 WIB
loading...
APDESI dan Ribuan Mahasiswa Tuntut Pj Gubernur Sulsel Dicopot, Ini Pemicunya
Anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) se-Sulsel, bersama ribuan mahasiswa dan organisasi kepemudaan menuntut pencopotan Pj Gubernur Sulsel. Foto/iNews TV/Abdoellah Nicolha
A A A
MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin menjadi sasaran aksi demonstrasi anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) se- Sulsel, bersama ribuan mahasiswa dan pemuda dari berbagai organisasi. Para demonstran ini tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sulsel Bersatu.



Lebih dari 5.000 peserta aksi demonstrasi membanjiri halaman dan jalan di depan Gedung DPRD Sulsel. Mereka menuntut pencopotan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin atas perkataan dan kebijakan kontroversialnya.



Bahtiar Baharuddin menyebut Sulsel bangkrut, dan kebijakan pengalokasian 40% dari anggaran dana desa tahun 2024 untuk penanaman pisang. Ketua Umum APDESI Sulsel, Sri Rahayu Usmi dalam orasinya menyampaikan keprihatinan terhadap kebijakan yang diambil oleh Pj Gubernur Sulsel, melalui surat edaran nomor 412.2/11938/DPMD tertanggal 9 Oktober 2023.



Surat edaran tersebut mengikat kepala desa untuk mengalokasikan 40% dari anggaran dana desa tahun anggaran 2024, untuk penanaman pisang tanpa mempertimbangkan faktor-faktor penting seperti kondisi agronomi, iklim, komoditi pertanian unggulan, kontur tanah, dan budaya petani yang berbeda di Sulsel.

Di sisi lain, Jendral Lapangan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Sulsel Bersatu, Takbir, juga menyoroti pernyataan Pj Gubernur Sulsel bahwa provinsi ini dalam keadaan bangkrut. Takbir menilai pernyataan tersebut sebagai tindakan gegabah dan tidak bertanggung jawab, yang menciptakan kegaduhan di Sulsel.

Ironinya, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Sulsel, yang merupakan anak buah PJ Gubernur Sulsel, membantah pernyataan Pj Gubernur Sulsel. Dia menyebut bahwa Sulsel mengalami defisit, bukan bangkrut, karena utang jangka pendek sebesar Rp600 Miliar.

APDESI dan Ribuan Mahasiswa Tuntut Pj Gubernur Sulsel Dicopot, Ini Pemicunya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)