7 Kota dengan Polusi Terburuk yang Ada di Indonesia, Wilayah Mana Saja?

Senin, 16 Oktober 2023 - 20:22 WIB
loading...
7 Kota dengan Polusi Terburuk yang Ada di Indonesia, Wilayah Mana Saja?
Terdapat sejumlah kota dengan polusi terburuk di Indonesia berdasarkan pemantauan Indeks Kualitas Udara (AQI). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah kota dengan polusi terburuk di Indonesia. Hal ini berdasarkan pemantauan Indeks Kualitas Udara (AQI) pada Senin (16/10/2023).

Kota yang masuk dalam kategori kota dengan polusi terburuk memiliki perhitungan indeks kualitas udara (Air Quality Index/AQI) tinggi. Lalu, di kota mana saja yang kualitas udaranya buruk?

Kota dengan Polusi Terburuk di Indonesia


1. Palembang


Palembang, Sumatera Selatan saat ini menjadi kota dengan polusi terburuk di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh dampak asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah di Sumatera Selatan.



Berdasarkan data dari situs Iqair.com, indeks kualitas udara (AQI) di kota Palembang pada Senin (16/10/2023) pukul 13.00 WIB mencapai 164. Sehingga kota ini berada di level merah atau tidak sehat.

2. Jambi


Setelah Palembang, kota dengan polusi terburuk selanjutnya adalah Jambi. Saat ini Jambi memiliki indeks kualitas udara mencapai 161 atau selisih tiga poin dengan Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Salah satu penyebab dari Jambi memiliki polusi udara yang buruk adalah terdampak dari kebakaran Karhutla. Asap kebakaran ini juga mengandung partikel halus (PM2.5) yang dapat merusak kesehatan pernapasan dan mata.

3. Tangerang Selatan


Kota Tangerang Selatan memiliki tingkat polusi udara yang melebihi standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan dan kesejahteraan warga. Indek kualitas udara kota ini mencapai 158 poin.



Salah satu penyebab utama polusi udara di Tangerang Selatan adalah kepadatan lalu lintas yang tinggi. Kota ini merupakan salah satu kota penyangga Jakarta, yang menjadi tujuan banyak pendatang dan pekerja.

4. Jakarta


Ibu kota Jakarta menempati urutan keempat dengan indeks kualitas udara mencapai 157. Polusi udara di Jakarta disebabkan oleh berbagai faktor, seperti emisi kendaraan bermotor, pembakaran sampah, dan aktivitas industri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)