Viral! Emak-emak di Madura Terekam Lakukan Ritual Aneh saat Pertama Kali Turun Hujan

Senin, 16 Oktober 2023 - 18:28 WIB
loading...
Viral! Emak-emak di Madura Terekam Lakukan Ritual Aneh saat Pertama Kali Turun Hujan
Emak-emak di Kelurahan Mlajah, Kabupaten Bangkalan, terekam melakukan ritual aneh saat lingkungannya untuk pertama kalinya diguyur hujan. Foto/iNews TV/Taufik Syahrawi
A A A
BANGKALAN - Hujan deras mengguyur wilayah Kelurahan Mlajah, Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Senin (16/10/2023). Seorang emak-emak terekam melakukan ritual aneh di bawah guyuran hujan, saat terjadi hujan untuk kali pertama di lingkungannya.



Emak-emak tersebut, terekam berdiri di bawah guyuran hujan sambil beberapa kali tangannya menengadah dan membasuhkan air hujan ke wajahnya. Selain itu, dia juga terekam mengusap daun-daun di dekatnya yang telah basah oleh air hujan.



Beberapa kali mulutnya juga terlihat komat-kamit untuk membaca doa di bawah guyuran hujan. Kemarau panjang yang membuat wilayah tersebut mengalami kekeringan, diduga menjadi pemicu emak-emak tersebut melakukan ritual mengucap syukur kepada sang pencipta karena lingkungannya telah diguyur hujan.



Salah seorang warga Bangkalan, Husnul Khotimah mengaku sangat bersyukur mulai turun hujan meskipun hanya gerimis, namun sudah mampu membasahi pohon, tanah, dan meredakan suhu udara yang sangat panas dalam beberapa waktu terakhir.

Viral! Emak-emak di Madura Terekam Lakukan Ritual Aneh saat Pertama Kali Turun Hujan


"Tadi sempat kaget tiba-tiba turun hujan, makanya cepat-cepat mengemasi jemuran. Meski hanya hujan gerimis, tetapi kami sangat bersyukur sudah turun hujan setelah sekian lama kering dan panas," ungkap Husnul.



Akibat musim kemarau yang berkepanjangan, dia mengaku sampai kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Makanya, ketika turun hujan untuk kali pertama, dia sangat bersyukur.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)