Puntung Rokok Bakar Daun Kering Picu Kebakaran Bukit Gathak di Gunungkidul

Senin, 16 Oktober 2023 - 10:07 WIB
loading...
Puntung Rokok Bakar Daun Kering Picu Kebakaran Bukit Gathak di Gunungkidul
Kebakaran hebat melanda Bukit Gathak di Padukuhan Gedaren, Kalurahan Sumbergiri, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Foto/Istimewa
A A A
GUNUNGKIDUL - Kebakaran hebat melanda Bukit Gathak di Padukuhan Gedaren, Kalurahan Sumbergiri, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Kebakaran ini membuat kalang kabut warga yang dikhawatirkan merambat ke permukiman.

Kapolsek Ponjong Kompol Yuliyanto menjelaskan, tidak diketahui penyebabnya, namun kebakaran itu bermula ketika muncul titik api di pinggir jalan antara Padukuhan Gedaren hingga pinggir jalan Padukuhan Koripan II.

Diduga karena orang yang tidak sengaja membuang puntung rokok masih menyala yang menyebabkan kebakaran itu. ”Puntung itu mengenai daun kering dan langsung membesar dan terjadi kebakaran itu,” kata Yulianto, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: Waspada! Cuaca Panas Ekstrem di DIY, Suhu Capai 36 Derajat

Karena angin yang kencang, api membakar daun-daun kering hingga merembet ke Gunung Ghatak di wilayah barat dan timur. Dengan cepat api langsung membesar dan kebakaran pun semakin meluas.

Warga sebenarnya sudah bahu membahu berusaha memadamkan api. Namun karena banyak dedaunan kering dan tiupan angin cukup kencang maka api dengan cepat meluas. ”Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya,” ujarnya.



Warga kemudian berusaha menghubungi pemadam kebakaran Gunungkidul. Namun karena jarak markas pemadam kebakaran dengan lokasi kejadian cukup jauh, maka mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi api sudah meluas

Selanjutnya warga Padukuhan Gedaren 1 melakukan pemadaman dibantu petugas Polsek Ponjong bersama petugas BPBD, serta petugas Pemadam Kebakaran. Warga dan petugas pemadam kebakaran sempat kewalahan mengatasi api.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2921 seconds (0.1#10.140)