Mantan Wali Kota Salatiga Meninggal di Lapas Kedungpane Semarang

Senin, 31 Juli 2017 - 11:32 WIB
Mantan Wali Kota Salatiga Meninggal di Lapas Kedungpane Semarang
Mantan Wali Kota Salatiga Meninggal di Lapas Kedungpane Semarang
A A A
SEMARANG - Mantan Wali Kota Salatiga John Manuel Manoppo ditemukan meninggal dunia di dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang atau biasa dikenal Lapas Kedungpane, Senin (31/7/2017).

Kepala Lapas Kelas I Semarang Taufiqurrahman membenarkan kabar tersebut. Taufiq mengungkapkan bahwa mantan Wali Kota Salatiga tersebut tadi pagi ditemukan sudah meninggal dunia oleh napi penghuni lapas setempat. "Usianya (John Manuel Manoppo) sudah cukup tua, sekitar 70 tahun," kata Taufiq.

Dia menjelaskan, John Manoppo meninggal karena menderita penyakit diabetes. Hingga saat ini, jenazah John masih dalam pemeriksaan oleh tim medis Lapas Kedungpane.

"Dokter lapas masih memeriksa jenazah di ruang medis lapas. Saat ini saya masih rapat di Kanwil, habis ini merapat ke lapas," kata Taufiq.

Sementara, ucapan dukacita terlihat di akun Facebook John Manuel Manoppo. Di antaranya,"Selamat jalan Oom John Manuel Manoppo, beristirahatlah dalam damai, menyatu dalam keabadian. Dari Keluarga besar Manoppo Watupongoh, Manoppo Pakasi di Manado, Langowan dan Tonsea Lama."

Sebelumnya, John Manuel Manoppo terbukti bersalah melakukan korupsi dalam proyek pembangunan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Salatiga tahun 2008 yang merugikan negara senilai Rp2,5 miliar.

John dihukum 3,5 tahun penjara di pengadilan tingkat pertama, lalu naik menjadi lima tahun di pengadilan tingkat kedua, dan naik menjadi delapan tahun dalam putusan kasasi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)