Dukung Cegah COVID-19, PDAM Tirta Musi Jamin Pasokan Air Bersih

Kamis, 30 April 2020 - 08:20 WIB
loading...
Dukung Cegah COVID-19,...
Dukung Cegah COVID-19, PDAM Tirta Musi Jamin Pasokan Air Bersih. Foto/SINDOnews/Berli Zul
A A A
PALEMBANG - PDAM Tirta Musi menjamin tidak ada penghentian penyaluran distribusi air bersih selama Ramadhan hingga usai Idul Fitri mendatang.

Berbagai upaya dilakukan BUMD milik Pemkot Palembang, diantaranya meniadakan perbaikan rutin. Hal ini menjawab kekhawatiran warga seiring meningkatnya kebutuhan air bersih di tengah wabah Corona dan Ramadhan.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya mengatakan, pihaknya menunda perbaikan dan pemeliharaan rutin selama bulan Ramadhan, dengan tujuan tidak ada pemutusan distribusi air bersih hingga usai lebaran.

"Selama bulan puasa kita tidak merencanakan pemeliharaan dan perbaikan rutin, karena kita memang tidak ingin ada pemutusan aliran air bersih selama puasa hingga usai lebaran," ujarnya kepada SINDOnews, Kamis (30/4/2020).

Dukung Cegah COVID-19, PDAM Tirta Musi Jamin Pasokan Air Bersih

Dirut PDAM Tirta Musi Andi Wijaya.

Namun, Andi tetap mengingatkan warga sebagai pelanggan untuk tetap berhemat dengan menggunakan air bersih secukupnya. "Warga tetap harus berhemat, menggunakan air seperlunya," katanya.

Terkait wabah COVID-19, PDAM juga telah melakukan upaya. Setiap IPA (Instalasi Pengolahan Air) PDAM Tirta Musi, selalu dilakukan peningkatan dosis disinfektan (klorinasi) sehingga mengakibatkan air yang sampai di rumah pelanggan akan sedikit beraroma.

Hal ini tidak membahayakan dikarenakan masih dalam ambang batas yg diizinkan yakni sesuai Permenkes No.492 / 2010.

"Diharapkan dengan peningkatan dosis disinfektan ini, pada ujung pengaliran, kandungan khlor masih maksimal sehingga selain berfungsi sebagai sterilisasi agar air terbebas dari bakteri e.coli dan coliform, juga diharapkan sebagai desinfektan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19," pungkasnya.
(boy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3148 seconds (0.1#10.140)