Sinergi Kementan dan Pemkot Semarang Menuju Kedaulatan Pangan

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 08:30 WIB
loading...
Sinergi Kementan dan Pemkot Semarang Menuju Kedaulatan Pangan
Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kota Semarang menjalin kemitraan membangun generasi petani milenial yang tangguh. Foto/Istimewa
A A A
SEMARANG - Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kota Semarang menjalin kemitraan dalam upaya membangun generasi petani milenial yang tangguh dan siap menghadapi tantangan pertanian di masa depan.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti, memaparkan profil dan rancangan Program Pemberdayaan Kelompok Muda di Bidang Pertanian bertajuk ‘Youth Entrepreneur and Employment Support Services – Scaling-Up Intervention’ (YESS-SI).

Pertemuan juga dihadiri oleh Wali Kota Semarang, Kepala Bappeda, dan Kepala Dinas Pertanian beserta jajarannya.



Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyambut dengan antusias rencana Program YESS-SI, yang diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pertumbuhan petani milenial di wilayah Semarang.

”Program ini akan menjawab sejumlah tantangan penting, termasuk regenerasi petani dan ketahanan pangan, yang menjadi fokus perhatian dalam sektor pertanian,” kata Hevearita Gunaryanti Rahayu dalam keterangannya, Sabtu (8/10/2023).

Langkah ini sejalan dengan visi Kementerian Pertanian untuk memperkuat Indonesia dalam menghadapi tantangan-tantangan pertanian di masa depan, termasuk mengatasi krisis pangan, dengan memanfaatkan potensi dari generasi petani milenial yang semakin berkembang.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementan, Dedi Nursyamsi, berpendapat senada dengan hal tersebut. Estafet petani selanjutnya adalah pada pundak generasi muda.

”Mereka mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan pertanian. Dibutuhkan sekelompok anak muda yang memiliki loyalitas dan integritas untuk memajukan pertanian Indonesia menjadi negara agraris yang mandiri pangan,” ujarnya.

Melalui audiensi yang dilaksanakan, Pemerintah Kota Semarang berkomitmen akan melakukan persiapan secara matang sebelum implementasi Program YESS-SI di tahun 2025 melalui identifikasi petani milenial yang akan menjadi calon penerima manfaat, mobilizer, dan Fasilitator Muda. Tidak hanya itu, akan turut disiapkan rancangan District Coordination Team (DCT) dan District Implementation Team (DIT).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)