Pelukan Air Mata Soekarno ke Musso sebelum Mati Bongkar Pemberontakan PKI Madiun 1948

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 14:31 WIB
loading...
Pelukan Air Mata Soekarno ke Musso sebelum Mati Bongkar Pemberontakan PKI Madiun 1948
Bapak Republik Indonesia Soviet Munawar Muso atau Musso tewas ditembak mati di Ponorogo, Jawa Timur. Foto/Istimewa
A A A
MADIUN - Musso atau Muso atau Munawar Muso, tokoh PKI (Partai Komunis Indonesia) asal Kediri, Jawa Timur itu dipeluk Presiden Soekarno (Bung Karno) setelah keduanya sekian lama tidak bertemu. Perjumpaan pada 13 Agustus 1948 itu berlangsung di ruangan Presiden Soekarno.

Dilansir dari buku Orang-orang di Persimpangan Kiri Jalan (1997), pertemuan itu begitu mengharukan. “Bung Karno memeluk Musso dan Musso memeluk Soekarno. Mata berlinang. Kegembiraan ketika itu rupanya tidak dapat mereka keluarkan dengan kata-kata”.

Musso bagi Bung Karno bukan orang baru. Musso lahir di Pagu Kabupaten Kediri 1897 yang secara geografis berjarak dekat dengan Blitar, yakni tempat Soekarno tumbuh besar.



Musso pernah hidup bersama dengan Bung Karno saat keduanya masih sama-sama ngekosdi rumah H.O.S Tjokroaminoto di Surabaya. Musso kala itu sudah aktif di Sarekat Islam (SI) bersama Semaun, dan Soekarno masih pelajar.

Sejak peristiwa Pemberontakan PKI 1926 yang gagal, Musso menghilang, kabur ke Moskow, Uni Soviet. Begitu juga dengan Semaun, Ketua PKI angkatan pertama. Karenanya setelah berpuluh tahun tidak bertemu, perjumpaan Soekarno dan Musso serasa reunian.

Keduanya hanya lebih banyak saling melihat satu sama lain. Hanya pandangan mata dan roman muka mereka menggambarkan kegembiraan itu. Musso tiba di Indonesia pada 11 Agustus 1948. Ia menyamar sebagai sekretaris Soeripno, duta besar Indonesia untuk Eropa Timur.

Kehadiran Musso dengan nama samaran Soeparto sempat menimbulkan desas-desus kecurigaan. Dua hari kemudian, misteri siapa sekretaris Soeripno terjawab.

Setelah beberapa jurus penyambutan, Bung Karno baru bertanya.

“Lho, kok masih awet muda?,” tanya Soekarno.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)