Sudah Berusia 16 Tahun, Bupati Batang Ganti 15 Mobil Dinas Camat

Selasa, 04 Agustus 2020 - 07:18 WIB
loading...
Sudah Berusia 16 Tahun, Bupati Batang Ganti 15 Mobil Dinas Camat
Sebanyak 15 unit mobil dinas camat terparkir di halaman kantor Bupati Batang sebelum di serahkan ke para camat. FOTO : IST
A A A
BATANG - Para camat di Kabupaten Batang mendapat mobil dinas baru. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengganti mobil dinas lama yakni Toyota Avansa karena usianya sudah 16 tahun dengan Mitsubishi Xpander.

Mobil dinas baru berwarna hitam sebanyak 15 unit diperuntukan bagi 15 camat se-Kabupaten Batang. Mobil tersebut sudah dilengkapi plat merah dengan nomor secara berurutan di antaranya G 1030 XC, hingga G 1044 XC.

"Pembelian mobil sudah direncanakan tabun 2019, dengan pertimbangan usia mobil camat sudah 16 tahun, kerusakanya pun tinggi seperti kaca tidak berfungsi dan mesinya sering macet," kata Bupati Batang Wihaji saat menyerahkan kunci mobil dinas camat, Senin(3/8/2020).

Bupati mengatakan, pada bulan Februrai 2020 mobil dinas camat sudah dibelikan sebelum COVID-19 lanjutnya, api pada waktu itu masih ada musibah banjir dan Covid -19, karena tidak pantas dan tidak patut ditunda penyerahanya.

"Pembelian mobil dinas sah dan tidak melanggar aturan, tapi melihat kepantasan dan kepatutan kita ditunda penyerahanya, saya serahkan bulan Maret ternyata covid-19 juga," katanya. ( )

Karena adapatasi kebiasaan baru pandemi COVID-19 dengan mobilitas tinggi para camat untuk sukseskan zero COVID-19 dan kondisifitas wilayahnya, maka untuk meningkatkan kinerja mobil dinas diserahkan.

"Silahkan masyarakat awasi kinerja camat, kalau tidak benar laporkan, karena mobil ini untuk kerja kedinasan," tandasnya. (Baca juga : Siap Maju Pilkada, Immawan Dapat 'Lampu Hijau' Amien Rais )

Dalam pengadaan mobil dinas sebanyak 15 unit dianggarakan melalui APBD tahun 2020 sebelum ada COVID-19, yang mengabiskan anggaran sebesar Rp3,3 miliar.

"Mobil dinas camat yang lama memang sudah layak diganti karena banyak yang rusak dan biaya perawatanya juga mahal," tandas Wihaji.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bambang Suprianto mengatakan, untuk 15 mobil camat kondisi fisik dari luarnya sudah banyak yang rusak tapi kalau mesinya pihaknya belum tahu karena belum cek.

"Mobil lama kita tarik ke BPKAD, karena banyak permohonan dari OPD untuk operasional," kata Bambang Suprianto

Sementara, Koordinator Camat, Himawan yang juga Camat Wonotunggal mengatakan, dengan mobil baru akan dapat meningkatkan kinerja para camat.

"Dengan mobil lama yang rusak camat tetap semangat melaksanakan tugas, apalagi mobil baru dapat meningkatkan kinerja,"ujar Himawan.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2465 seconds (0.1#10.140)