Edarkan Sabu dan Ekstasi Senilai Rp14,5 M, 3 Kurir Ini Diupah 50 Juta

Kamis, 05 Oktober 2023 - 08:24 WIB
loading...
Edarkan Sabu dan Ekstasi Senilai Rp14,5 M, 3 Kurir Ini Diupah 50 Juta
BNN Provinsi Jambi mengamankan tiga pelaku yang nekat membawa sabu dan ekstasi senilai Rp14,5 miliar. Foto/MPI/Azhari Sultan Jambi
A A A
JAMBI - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi mengamankan tiga pelaku yang nekat membawa sabu dan ekstasi senilai Rp14,5 miliar. Jika aksinya tersebut berhasil, maka ketiga pelaku akan mendapatkan upah Rp50 juta.

Sedangkan barang bukti yang diamankan berupa sabu seberat 10 kg dan pil ekstasi sebanyak 5.000 butir. Ketiga pelaku diamankan di tempat berbeda seusai petugas mendapatkan informasi transaksi narkoba dalam jumlah besar dari Aceh menuju Riau untuk diedarkan di Jambi.

”Tiga pelaku yang diamankan yakni, Sukardi (58) warga asal Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan dan Asril (53) warga Kabupaten Tanjungjabung Barat, Provinsi Jambi,” kata Kepala BNNP Jambi Brigjen Pol Wisnu Handoko, Kamis (5/10/2023).



Sedangkan pelaku atas nama Deri (26) merupakan warga Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. ”Untuk dua orang pelaku, Sukardi dan Asril berperan sebagai kurir, sementara Deri yang berperan sebagai pengedar,” ungkapnya.

Dari hasil pendalaman, pengakuan kedua pelaku yang berperan sebagai kurir, mereka dijanjikan upah masing-masing Rp50 juta per sekali pengiriman. ”Para kurir dijanjikan upah sebesar Rp50 juta untuk sekali pengiriman. Apabila berhasil mereka baru dibayar,” ucapnya.

Dia menambahkan, barang haram tersebut bila dirupiahkan, sabu 10 kilogram tersebut senilai Rp13 miliar dan 5.000 butir pil ekstasi senilai Rp1,5 miliar. ”Jadi barang bukti narkotika yang diamankan BNNP Jambi total nilainya sebesar Rp14,5 miliar,” tegasnya.



Sebelumnya, ketiga pelaku diamankan di lokasi berbeda. Dua orang pelaku atas nama Sukardi dan Asril diringkus di Jalan Lintas Jambi, Desa Sungai Paur, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari dengan barang bukti 7 kilogram sabu dan 5.000 butir pil ekstasi.

Berdasarkan pengembangan, kedua pelaku mengaku bahwa mereka akan mengantarkan sabu tersebut ke Kabupaten Bungo. Bukan hanya itu, mereka juga masih menyimpan 3 kilogram sabu lagi di daerah eks lokalisasi prostitusi Pucuk, Payo Sigadung, Kota Jambi.

Selanjutnya, seorang pelaku lagi, atas nama Deri yang berperan sebagai pengedar di Kabupaten Bungo, Jambi. Dari tangan Deri ini tim berhasil mengamankan barang bukti sabu sebanyak 3 kilogram lagi, yakni di eks lokalisasi Pucuk, Kota Jambi.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)