DLH Jabar Bela Pandawara Group: Pembersihan Pantai Cibutun Tanggung Jawab Bersama

Rabu, 04 Oktober 2023 - 13:08 WIB
loading...
DLH Jabar Bela Pandawara Group: Pembersihan Pantai Cibutun Tanggung Jawab Bersama
DLH Jabar membela Pandawara Group terkait persoalan pembersihan sampah di Pantai Cibutun Loji, Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Simpenan, Sukabumi. Foto/Tangkapan Layar
A A A
BANDUNG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar memberikan pembelaan kepada Pandawara Group terkait persoalan pembersihan sampah di Pantai Cibutun Loji, Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Simpenan, Sukabumi.

Kepala DLH Jabar, Prima Mayaningtyas menilai, dalam penanganan persoalan sampah sudah seharusnya dilakukan oleh seluruh masyarakat. Hal itu sesuai aturan UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, di mana pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama.



"Soal Pandawara Group itu, kita harus tanggung jawab seperti mereka. Bukan hanya di lisan saja tapi harus dilakukan, itu kewajiban semua orang harus lakukan itu," kata Prima, Rabu (4/10/2023).



Prima memastikan, pihaknya telah melakukan koordinasi bersama Pemkab Sukabumi terkait penanganan tumpukan sampah di pantai tersebut. Pemkab kemudian merespons dan saat ini sampah tengah dibersihkan.

"Sudah berkoordinasi dengan Kadis LH Kabupaten Sukabumi lagi beberes, bebenah," ungkapnya.

Prima mengatakan, penumpukan sampah di Pantai Loji itu terjadi karena sampah dari beberapa sungai yang terbawa arus. Kondisi itu sering terjadi saat awal musim hujan.



"Kejadian kemarin itu awal musim hujan sampah yang terbuang ke sungai akan bermuara ke laut. Pada dasarnya pertemuan antara sungai dan laut. Biasanya sampah dari anak sungai yang masuk ke sungai besar terus ke laut," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)