Sampah di Pantai Cibutun Disebut Abadi, Warga: Apalagi saat Musim Ombak Tinggi

Rabu, 04 Oktober 2023 - 09:19 WIB
loading...
Sampah di Pantai Cibutun Disebut Abadi, Warga: Apalagi saat Musim Ombak Tinggi
Budiman warga Desa Sangrawayang saat ditemui di Pantai Cibutun Sukabumi. Foto/Ilham Nugraha/iNews
A A A
SUKABUMI - Kondisi sampah di Pantai Cibutun pesisir Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat (Jabar) terbilang abadi. Diperparah ketika musim ombak tinggi melanda.

Budiman (40) warga Sangrawayang telah melihat kondisi pantai ini selama bertahun-tahun. Dia mengungkapkan, Kondisi sampah di pantai Cibutun memang seperti ini sejak dirinya kecil.

"Klo sampah disini itu dari dulu waktu saya kecil memang seperti ini kalau lagi ombak besar, arus kuat dari bawah itu pasti seperti ini (dipenuhi sampah)," ucap Budiman, Rabu (4/10/2023).

Budiman menjelaskan, selama bertahun-tahun, ketika ombak besar datang, pantai ini akan kembali dipenuhi sampah. Namun, ketika ombak tenang dan arus laut tidak begitu kuat, pantai ini bersih dan menjadi tempat bermain anak-anak.



"Ini sampah abadi, Iya dari dulu. Klo lagi ombak besar pasti ada (sampah), klo ombaknya lagi tenang arusnya tidak kuat dari sana itu pasti bersih anak anak pasti main disini," terangnya.

Diketahui, upaya pembersihan pantai mungkin membantu sementara, tetapi masalah sampah ini masih akan muncul ketika ombak tinggi kembali. Hal ini menunjukkan perlunya upaya konsisten dalam menjaga kebersihan pantai, terutama di daerah yang rawan dengan masalah sampah seperti di Pantai Cibutun.

Diberitakan sebelumnya, tumpukan sampah di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jabar, yang diunggah Pandawara Group di media sosial, kini menjadi viral.



Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, telah melakukan pengecekan di lokasi tumpukan sampah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4121 seconds (0.1#10.140)