Tol Pemalang-Gringsing Dibuka Pukul 06.00-18.00

Rabu, 21 Juni 2017 - 21:14 WIB
Tol Pemalang-Gringsing Dibuka Pukul 06.00-18.00
Tol Pemalang-Gringsing Dibuka Pukul 06.00-18.00
A A A
BATANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melarang pengoperasian Tol Pemalang hingga Gringsing, Batang, di malam hari karena dinilai belum layak. Jalur tersebut hanya dioperasikan pada siang hari untuk arus mudik dan menjelang malam harus ditutup.

Sebelum mengeluarkan keputusan tersebut, Menteri Perhubungan bersama Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI Muhammad Syaugi melakukan perjalanan darat dari Pemalang hingga Gringsing, Batang. Mereka bisa merasakan langsung jalur tol fungsional yang banyak dikeluhkan pemudik karena banyak debu dan jalur bergelombang.

"Kami merekomendasikan untuk mulai hari ini jalur tol fungsional diganti namanya jadi jalur darurat dan untuk jam 6 sore sudah harus ditutup, dibuka lagi jam 6 pagi," ujar Budi Karya, seusai menyaksikan simulasi penyelamatan pemudik di Gringsing, Rabu (21/6/2017).

Hal senada disampaikan Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, yang menyampaikan akan menutup jalur tersebut menjelang malam agar bisa dilakukan perbaikan. Kemudian, pada pagi harinya jalur itu kembali dibuka agar bisa digunakan pemudik.

"Jam 6 sore jalur akan kami tutup dan memberikan kesempatan bagi Waskita untuk melakukan perbaikan, kemudian akan kami buka lagi pukul 6 pagi," kata Condro.

Meski hanya dioperasikan siang hari, polisi tetap bersiaga di jalur darurat tersebut selama 24 jam penuh. Pemudik juga diimbau tak tak memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi karena bisa berakibat mobil melaju tak stabil.

"Kami harapkan pengemudi melajukan kendaraannya pada kecepatan maksimal 50 km/jam, karena jika di atas itu laju mobil tidak akan stabil. Jadi diharapkan pemudik melalui jalur darurat ini hanya pada siang hari. Namun kami tetap siaga 24 jam di jalur darurat," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3809 seconds (0.1#10.140)