12 Shuttle Bus Layani Rute Kota Bandung ke Stasiun KCJB Tegalluar

Selasa, 26 September 2023 - 15:45 WIB
loading...
12 Shuttle Bus Layani Rute Kota Bandung ke Stasiun KCJB Tegalluar
Pemprov Jawa Barat mendukung operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan menyiapkan 12 shuttle bus yang melayani rute Kota Bandung-Stasiun Tegalluar. Foto/MPI/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat mendukung penuh untuk operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah menyiapkan belasan shuttle bus.

Shuttle bus itu nantinya akan menghubungkan penumpang dari Kota Bandung ke Stasiun KCJB Tegalluar. Sedangkan yang dari Stasiun Padalarang, akses yang tersedia adalah kereta feeder.



"Kita sudah memperhitungkan penumpang yang turun di Tegalluar itu 40 persen penumpang. Dari kapasitas kereta yang 600 seat. Kita siapkan 300 seat kereta feeder di Tegalluar," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, A Koswara, Selasa (26/9/2023).



Koswara menjelaskan, jumlah shuttle bus yang disediakan sebanyak 12 unit berasal dari Damri 8 unit serta sisanya dari Bluebird. Sehingga masyarakat yang hendak menaiki kereta cepat di Stasiun Tegalluar cukup menyimpan kendaraannya di pool Damri.

"Di situ kemudian naik shuttle ke sini (Tegalluar). Kemudian stasiun kereta yang dilayani jalur Damri itu ada stasiun Gedebage dan stasiun Cimekar," jelasnya.

Dikatakan Koswara, kereta cepat bernama Whoosh itu kini masih dalam tahap uji coba hingga 30 September 2023 mendatang.



Selama uji coba, shuttle bus di Stasiun Tegallua sudah banyak mengangkut penumpang. Artinya, Pemprov Jabar sudah siap menyambut operasi penuh Whoosh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)