Para Kiai di Lebak Minta Ganjar Kembangkan Ekonomi Pesantren

Minggu, 24 September 2023 - 12:26 WIB
loading...
Para Kiai di Lebak Minta Ganjar Kembangkan Ekonomi Pesantren
Para kiai menghadiri Halaqoh Kebangsaan di Ponpes Nurul Jadid, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Jumat (22/9/2023) malam. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LEBAK - Banyak ponpes di Kabupaten Lebak, Banten mengembangkan pertanian dan hortikultura untuk meningkatkan perekonomian para santri maupun masyarakat sekitarnya. Potensi itu terungkap dalam Halaqoh Kebangsaan yang diadakan Ulama Merah Putih di Ponpes Nurul Jadid.

"Yang ada di daerah kami yang daerah pedesaan, mayoritas kami itu para kiai dan petani. Sementara ini kami bisa memberikan atau memberdayakan santri itu dari hasil pertanian," kata Kiai Syuhada, seorang tokoh kiai yang menghadiri Halaqoh Kebangsaan di Ponpes Nurul Jadid, Kecamatan Leuwidamar Kabupaten Lebak, Jumat (22/9/2023) malam.

Selama ini, ponpes memiliki sejumlah bidang lahan persawahan mampu memproduksi beras untuk mencukupi kebutuhan para santri. Bahkan tak jarang juga hasilnya juga berlebih dan bisa dijual kepada warga.

Namun, Kiai Syuhada mengeluhkan aktivitas pertanian di pesantrennya saat ini terkendala kondisi cuaca panas hingga kekeringan akibat musim kemarau yang cukup ekstrem dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Untuk saat ini kondisinya kemarau, sudah berapa bulan enggak bisa cocok tanam. Nah, itu juga perlu perhatian khusus ketika seperti musim kemarau ini," tuturnya.

Pada kesempatan itu, para kiai pun menyampaikan aspirasi dan harapan terhadap Ganjar Pranowo. Mereka berharap keberhasilan Ganjar mengembangkan pertanian dan perekonomian masyarakat di Jateng bisa diterapkan di wilayah Kabupaten Lebak, Banten maupun Indonesia pada umumnya.

"Karena kemarau bukan untuk kali ini saja, mungkin tahun depan, atau mungkin tahun-tahun berikutnya ada kemarau. Jangan sampai kemarau seperti nasib kami sekarang ini," tandasnya.

Halaqoh Kebangsaan diikuti 15 kiai pengurus ponpes dan majelis talim dari berbagai wilayah di Kabupaten Lebak.
Mereka di antaranya Kiai Imanullah (Ponpes Nurul Jadid) Kiai Imam Mujaerimi T (Ponpes Al-Hidayah Wanti), Ajeungan Dede Sirojuddin (Ponpes As-Syifa), Kiai Maman Abdurrrahman (Ponpes Al-Fattah) dan Kiai Abdur Rahmat (Ponpes Al-Munawwarah).

Hadir juga KH Badrussalam (Ponpes Tarbiyatul Falah), Kiai Muslih Syam (Ponpes Majelis Sejuta Ummat), Kiai M Dahlan (Ponpes Riyadhus Shibyan) KH Eddi Junaedi (Ponpes Al-Barokah) dan KH Pepen (Ponpes Al-Iman).
Selain itu, ada KH Wahyuddin (Ponpes Bani Ali), Kiai asep Amin Murodi (Ponpes Hasyimiyyah), Ki Abdullah Syahroni (Majelis Saung Garuda) KH Syuhada (Ponpes Miftahul Jannah) serta Kiai Aning (Ponpes Nurul Falah).
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)