Pemkot Bandung Gelar Tukar Sampah Jadi Sembako, 2 Ton Terkumpul

Minggu, 24 September 2023 - 11:35 WIB
loading...
Pemkot Bandung Gelar Tukar Sampah Jadi Sembako, 2 Ton Terkumpul
Warga Bandung membawa berbagai sampah untuk ditukar menjadi barang bernilai. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengumpulkan sebanyak dua ton sampah dari hasil penukaran dengan bank sampah. Sebanyak dua ton sampah berhasil ditekan pada penukaran sampah dalam acara Bandung Great di Balai Kota, Sabtu 23 September 2023.

Pada bazar ini, aneka barang mulai dari sembako hingga fesyen hadir dengan harga yang relatif terjangkau. Mulai dari Rp5 ribu, Rp10 ribu, hingga Rp20 ribu.

Satu hal yang menarik dari acara ini adalah, masyarakat bisa menukarkan sampah untuk mendapatkan voucher dan juga diskon hingga 50 persen. Sebagai informasi, Bandung Great merupakan bazar yang digelar sebagai rangkaian Hari Jadi ke-213 Kota Bandung.

Direktur Bank Sampah Induk (BSI) Kota Bandung Elis Solihat menyebut, sejak dibuka pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, sekitar dua ton sampah sudah ditukarkan oleh masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya.



"Sudah kami angkut ke gudang sebanyak tiga mobil. Dan ini ada sampah yang belum terangkut, diperkirakan volumenya dua mobil. Satu mobil itu kapasitasnya 400 kilogram. Jadi 400 dikali lima, sekitar dua ton. Ini baru empat jam, ya. Karena kami buka hingga pukul 14.00 WIB," terang Elis.

Dia mengaku senang capaian penukaran sampah pada Bandung Great 2023 terbilang meningkat dari tahun sebelumnya. Pasalnya, jika tahun sebelumnya perlu beberapa hari kegiatan bazar untuk mengumpulkan 3,9 ton sampah, pada hari ini, cukup empat jam saja, setengah dari jumlah tahun lalu bisa terkumpul.

Sampah yang ditukarkan masyarakat ini akan berubah menjadi voucer belanja. Elis mencontohkan, jika masyarakat menukar sampah seharga Rp5.000, maka akan ada tambahan 50 persen dari jumlah sampah yang ditukarkan, sehingga total harga sampah mereka menjadi Rp7.500.

"Yang jelas sampah di sini harganya jadi lebih tinggi," kata Elis.

Dia berpesan kepada masyarakat Kota Bandung agar jangan khawatir apabila tidak kebagian menukar sampah pada acara ini. Sebab, BSI Kota Bandung melayani penukaran sampah di beberapa kantor.

"Bisa datang ke BSI Kota Bandung, kami juga melayani penukaran sampah pada hari kerja," terangnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3896 seconds (0.1#10.140)