Kisah Ken Arok Tewas Ditikam Anaknya dengan Keris Sakti Mpu Gandring saat Makan

Minggu, 24 September 2023 - 06:50 WIB
loading...
Kisah Ken Arok Tewas Ditikam Anaknya dengan Keris Sakti Mpu Gandring saat Makan
Kolase foto Ken Arok versi AI. Foto/Instagram @ainusantara
A A A
MALANG - Pendirian Kerajaan Tumapel atau yang dikenal dengan Singosari diawali dari berbagai tragedi. Sosok Ken Arok menjadi aktor bagaimana ia memberontak dan menghabisi nyawa Tunggul Ametung sang akuwu Tumapel, yang saat itu merupakan daerah bawahan Kerajaan Kediri.

Setelahnya Ken Arok dengan pasukannya menumpas Raja Kertajaya yang berkuasa di Kerajaan Kediri. Usai serangkaian pemberontakan memberontak, membunuh Tunggul Ametung, dan menghabisi raja Kediri Kertajaya, Ken Arok mendirikan kerajaan baru dan mendeklarasikan dirinya jadi raja baru.

Ken Arok pun akhirnya mempersunting perempuan cantik yang juga mantan istri Tunggul Ametung, pria yang dibunuhnya dengan keris sakti buatan Mpu Gandring. Perempuan itulah yang sempat ia diam-diam taksir ketika masih menjadi pengawal Tunggul Ametung.

Saat Tunggul Ametung terbunuh inilah Ken Dedes tengah mengandung seorang bayi dari hasil pernikahannya dengan Tunggul Ametung. Dikisahkan dalam buku "Hitam Putih Ken Arok dari Kejayaan hingga Keruntuhan" karya Muhammad Syamsuddin, sang anak yang lahir dari rahim Ken Dedes ini diberi nama Anusapati. Anusapati pun tumbuh dalam istana Kerajaan Singasari dibawah ayah tirinya Ken Arok dan ibu kandungnya Tunggul Ametung.



Seiring pertumbuhan usia dan makin dewasa, Anusapati merasa ada perbedaan perlakuan ayahnya Ken Arok, yang dikenal dengan Prabu Sang Amurwabhumi terhadap dirinya. Sementara Anusapati menganggap perlakuan kepada Mahisa Wunga Teleng, Panji Saprang, Agnibaya, dan Dewi Rimbu, oleh Ken Arok menganggap iri Anusapati dan curiga.

Anusapati pun akhirnya memberanikan diri menanyakan kepada ibunya Ken Dedes terkait perihal asal usul dirinya. Mengingat Anusapati merasa Ken Arok tidak terlalu akrab dengannya.

Setelah didesak beberapa kali, Ken Dedes pun berterus terang kepada anak kandungnya, Anusapati. Ken Dedes menyebut jika Anusapati ingin tahu maka jawaban ayah kandungnya sesungguhnya adalah Tunggul Ametung, setelah itu Ken Dedes menceritakan dinikahi oleh Ken Arok.

Mendengar jawaban ini sontak saja Anusapati kaget dan tak menyangka. Selama ini ia memang merasa curiga bahwa Ken Arok bukan merupakan ayah kandungnya. Sebab Anusapati merasa ada sekat yang sedikit renggang antaranya dan penguasa Tumapel kala itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)