Lestarikan Tradisi, Komunitas Pemuda Pasuruan Gelar Adu Layangan hingga Karnaval Kesenian

Sabtu, 23 September 2023 - 15:47 WIB
loading...
Lestarikan Tradisi, Komunitas Pemuda Pasuruan Gelar Adu Layangan hingga Karnaval Kesenian
Sejumlah desa di Pasuruan, Jawa Timur, menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan ribuan warga, mulai dari adu layangan, catur hingga festival kesenial. Foto/Ist
A A A
PASURUAN - Sejumlah desa di Pasuruan, Jawa Timur, menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan ribuan warga. Kegiatan yang dilakukan warga desa ini berlangsung meriah, dari lomba adu layangan, catur hingga dipungkasi festival yang diikuti seluruh warga.

Beberapa desa sudah selesai menggelar kegiatan sepanjang Agustus lalu. Selain kemeriahan warga desa, kegiatan juga dengan memperindah fasilitas desa, seperti mengecat gapura.



"Kegiatan di sejumlah desa di Pasuruan beragam, seperti di karang taruna Aruna Seroja ada selametan desa, kemudian di Karta Trunojoyo ada pengecatan gapura, kemudian di Karta Nguling ada karnaval serentak," kata Koordinator Heppiii Community Pasuruan, Wahyu Samudra, Sabtu (23/9/2023).

Terpisah Ketua Karang Taruna Desa Nguling, Pasuruan, Andri Haryanto mengatakan di desanya ada berbagai kemeriahan dalam merayakan kemerdekaan, seperti lomba yang melibatkan seluruh lapisan warga.

Seperti misalnya turnamen catur yang diikuti kaum hawa dan adam, kemudian ada lomba khas daerah sekitar yakni adu layangan.

"Kalau di tempat kami namanya layangan sambitan, jadi layangan diadu, dan yang bertahan tetap terbang itulah juaranya. Kemarin ada sampai 64 peserta perwakilan dari tiap RW," jelasnya.



Keseruan lain juga ada lomba pencarian bakat, mulai dari kesenian seperti silat, menyanyi, kemudian ada juga rias wajah.

Keseruan event ini dipungkasi dengan karnaval yang melibatkan ribuan warga. Ada puluhan tim yang ikut serta. Tiap tim menampilkan berbagai kesenian khas Pasuruan. Dari kendaraan hias, hingga penampilan kesenian khas seperti ala Madura, hingga pengarakan ogoh-ogoh ala warga Bali.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3114 seconds (0.1#10.140)