Terinspirasi Ganjar yang Dekat Wartawan, Relawan Gelar Latihan Jurnalistik

Jum'at, 22 September 2023 - 08:03 WIB
loading...
Terinspirasi Ganjar yang Dekat Wartawan, Relawan Gelar Latihan Jurnalistik
Relawan GMC mengadakan Pelatihan Jurnalistik di Kabupaten Sekadau, Kamis (21/9/2023). Sasaran pelatihan untuk jurnalis dan milenial yang tertarik dengan jurnalistik. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SEKADAU - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) mengadakan Pelatihan Jurnalistik di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Sasaran pelatihan untuk jurnalis dan milenial di luar profesi wartawan yang tertarik dengan ilmu jurnalistik.

"Kegiatan ini terinspirasi Pak Ganjar sebagai (mantan) Gubernur Jawa Tengah yang mana selama dia menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah beliau dikenal dekat dengan wartawan," kata Korda GMC Sekadau Heri Yakop, Kamis (21/9/2023).

Tujuan pelatihan jurnalistik kali ini diharapkan dapat meminimalisasi dampak informasi bohong atau hoaks yang beredar di tengah masyarakat era digital. Khusus bagi kalangan wartawan, Heri berharap dapat mencetak para jurnalis yang berintegritas. Sehingga, mereka akan menghasilkan produk jurnalistik yang independen dan berdampak positif.

"Tujuannya meningkatkan kemampuan kepada milenial juga kepada wartawan yang ada di Kabupaten Sekadau. Selain itu, untuk masyarakat umumnya supaya bisa membedakan mana produk berita yang benar dan mana produk berita hoaks," tuturnya.

Kesan positif Ganjar Pranowo itu diungkapkan Novia Dominika, salah seorang wartawan dari media massa lokal di Kalimantan Barat yang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik kali ini.

Menurutnya, Ganjar adalah sosok pemimpin yang perlu dicontoh oleh pejabat lainnya karena terbuka kepada para wartawan. "Kami berharap jika terpilih menjadi Presiden, Pak Ganjar bisa melindungi kebebasan berpendapat para jurnalis yang ada di Indonesia," ujarnya.

Salah seorang peserta dari kalangan umum bernama Muhammad Rizal mengakui kegiatan yang digelar para relawan GMC sangat bermanfaat bagi milenial seperti dirinya. "Dengan pelatihan ini kami jadi mengerti untuk membedakan mana berita hoaks dan berita yang memang valid untuk dibawa ke masyarakat," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)