Akses Jalan di Nias Selatan Tertutup Longsor 100 Meter, Aktivitas Warga Pun Lumpuh

Rabu, 20 September 2023 - 15:08 WIB
loading...
Akses Jalan di Nias Selatan Tertutup Longsor 100 Meter, Aktivitas Warga Pun Lumpuh
Akses Jalan di Nias Selatan di Desa Hilimondregeraya, Kecamatan Onolalu, Kabupaten Nias Selatan, tertimbun longsor. Foto/MPI/Jonirman Tafonao
A A A
NIAS SELATAN - Intensitas hujan lebat yang mengguyur wilayah Sumatera Utara membuat Jalan Nias Selatan di Desa Hilimondregeraya, Kecamatan Onolalu, Kabupaten Nias Selatan, tertimbun longsor. Material longsor timbun jalan sepanjang 100 meter.

Aktivitas warga lumpuh total, kendaraan dari Kecamatan Onolalu menuju Telukdalam Ibu Kota Kabupaten dan sebaliknya tidak bisa melintas pada Rabu (20/9/2023). Beberapa warga yang sempat melintas di lokasi kejadian terpaksa putar haluan kembali ke tempat semula.

Selain tanah longsor juga beberapa pohon besar yang tumbang ikut menutup akses jalan tersebut.



”Kami informasikan kepada warga se-Kecamatan Onolalu bahwa jalan yang berada di Desa Hilimondregeraya sudah tidak bisa dilalui. Jalan telah tertutup tanah longsor sepanjang 100 meter,” kata Kepala Desa Hilikara Kecamatan Onolalu Disatukan Gee kepada wartawan.

Dia berharap agar ada penanganan cepat dari pemerintah daerah pada tanah longsor yang mengakibatkan putusnya akses jalan dari Kecamatan Onolalu menuju Telukdalam Ibu Kota Kabupaten Nias Selatan dan sebaliknya.

”Akses jalan menuju Telukdalam panjang longsor 100 meter lebih di lokasi 1 dan lokasi 2 sekitar 30 meter. Jaringan listrik putus total tertimpa pohon pohonan. Kami seluruh masyarakat memohon agar pemda bertindak untuk memberikan kami alat berat,” ucapnya.



Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono langsung menerjunkan personel untuk membantu warga ke lokasi-lokasi yang terkena dampak longsor.

”Kita sudah sampaikan dan koordinasi kepada dinas PU untuk segera menurunkan alat berat melakukan pembersihan jalan. Personel kami terjunkan untuk membantu membersihkan jalan dan mengangkat pohon yang tumbang dan menutupi jalan akibat longsor,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)