Lestarikan Budaya Gotong Royong, Usbat Ganjar-Warga Bersihkan Pemakaman

Selasa, 19 September 2023 - 17:16 WIB
loading...
Lestarikan Budaya Gotong Royong, Usbat Ganjar-Warga Bersihkan Pemakaman
Relawan Usbat Ganjar Sumut menggelar kegiatan bersih-bersih makam di Desa Kolam, Kabupaten Deli Serdang, Selasa (19/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DELI SERDANG - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut menggelar kegiatan bersih-bersih makam di Desa Kolam, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini rangka melestarikan budaya gotong-royong yang sejak dulu dikenal kental sebagai warisan masyarakat Indonesia.

“Kami adakan kegiatan ini untuk meningkatkan kembali budaya gotong royong dan kebersamaan antara masyarakat,” kata Korda Usbat Ganjar Kabupaten Deli Serdang, Ahmad Thalhah di lokasi, Selasa (19/9/2023).

Menurut Ahmad, saat ini budaya gotong-royong masyarakat meredup seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga budaya Indonesia yang sudah eksis sejak lama itu mesti digaungkan lagi.

“Kami harapkan masyarakat ada di Desa Kolam ini bisa bersinergi bersama untuk sama-sama meningkatkan budaya gotong-royong yang hampir punah karena masyarakat sekarang masing-masing,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, relawan Usbat Ganjar Sumut gotong-royong membersihkan area pemakaman bersama remaja masjid dan Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al Hakim, beserta puluhan warga Desa Kolam. Mereka bekerja sama membersihkan area itu dengan antusiasme tinggi. Ada yang memotong rumput, mencabut tanaman liar, mencangkul rerumputan, hingga memungut sampah yang berserakan.

Selain membersihkan area pemakaman, Usbat Ganjar Sumut juga memberikan paket alat-alat kebersihan kepada remaja masjid dan BKM Al Hakim seperti sapu lidi, cangkul, serokan, dan tempat sampah. Ketua BKM Masjid Al Hakim Khairil Anwar berterima kasih kepada Usbat Ganjar Sumut atas bantuan dan inisiasi aksi sosial bersih-bersih area pemakaman.

“Ini sangat bermanfaat bagi kami untuk setiap bulannya membersihkan pemakaman di sini agar terlihat rapi dan bersih karena arena pemakaman langsung berdampingan dengan Masjid Al Hakim,” ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3209 seconds (0.1#10.140)