Pelaku Jasa Wisata Gunung Bromo Turut Ingatkan Wisatawan soal Larangan selama Berkunjung

Selasa, 19 September 2023 - 13:15 WIB
loading...
Pelaku Jasa Wisata Gunung Bromo Turut Ingatkan Wisatawan soal Larangan selama Berkunjung
Pintu masuk Gunung Bromo dari Desa Ngadisari Probolinggo. Foto/Dokumen Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Pelaku jasa wisata Gunung Bromo turut memperketat pengawasan wisatawan yang masuk usai kebakaran. Sebab mereka sendiri tak ingin mata pencahariannya kembali terganggu imbas kebakaran yang membuat kawasan tersebut ditutup selama hampir dua pekan.

Ketua Komunitas Jeep Bromo Tengger Semeru Wildan Hangga menuturkan, pihaknya telah mengoordinasikan agar para ketua korwil turut mengedukasi anggotanya dan penumpang yang naik di kendaraan jeep masing-masing. Himbauan wisatawan teleh dilakukan bahkan sebelum memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

"Kami memberikan edukasi dan himbauan pada anggota korwil, sekaligus biar disampaikan pada penumpang masing-masing," kata Wildan dikonfirmasi pada Selasa (19/9/2023).

Pihaknya juga selalu mengingatkan anggota dan wisatawan yang masuk untuk menjaga agar tidak sembarang membuang puntung rokok, dan membawa barang-barang yang mudah menyebabkan kebakaran.



"Seluruh anggota untuk selalu mengingatkan kepada pengunjung atau tamu yang akan memasuki TNBTS untuk tertib administrasi (tiket dan perizian), serta tidak membawa barang yang dilarang dan dapat menyebabkan kebakaran," jelasnya.

Dirinya juga mengingatkan anggota komunitas jeep Bromo Tengger Semeru juga turut mengedukasi wisatawan yang berada di kawasan TNBTS untuk tidak melakukan aktivitas di luar perizinan, apalagi menyebabkan kerusakan lingkungan.

"Kami mengingatkan jajaran pengurus korwil melakukan edukasi, kepada seluruh anggota paguyuban untuk selalu mengingatkan dan mengawasi aktivitas para pengunjung atau tamu masing - masing, agar tidak melakukan tindakan yang tidak diizinkan dan dapat menyebabkan kerusakan kawasan TNBTS," paparnya.

Menurutnya, selama penutupan Wisata Gunung Bromo komunitasnya turut aktif dalam membantu proses pemadaman api. Bahkan hingga api padam dan penyisiran serta pembasahan dilakukan, ia dan beberapa rekan-rekannya masih berpartisipasi secara aktif memastikan kawasan taman nasional benar-benar padam dan tidak ada lagi hotspot.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)