Garut Diguncang Gempa 5 SR, Terasa Hingga Sukabumi

Kamis, 11 Mei 2017 - 19:09 WIB
Garut Diguncang Gempa 5 SR, Terasa Hingga Sukabumi
Garut Diguncang Gempa 5 SR, Terasa Hingga Sukabumi
A A A
GARUT - Gempa bumi 5 Skala Richter (SR) mengguncang selatan wilayah Jawa Barat, pada Kamis (11/5/2017) sekira pukul 15.51 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Metreologi dan Geofisika, Episentrum (pusat gempa) berada di laut dengan berjarak 85 kilometer arah Baratdaya Kota Garut, Jawa Barat, dengan Hiposentrum dikedalaman 65 kilometer.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan dengan intensitas I-II SIG-BMKG atau II-III MMI di wilayah Garut, Sukabumi, Sukanegara, Pengalengan, dan Muaragede.

Guncangan lemah juga dilaporkan dirasakan di Bogor dan Citeko. Gempabumi ini tercatat baik oleh peralatan BMKG. Di sejumlah daerah tersebut, beberapa orang dilaporkan merasakan adanya guncangan gempabumi.

Gempa yang memiliki kekuatan 5,0 SR ini, memiliki kedalaman menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Selatan Jawa Barat.

Hasil monitoring BMKG selama satu jam pascaterjadinya gempabumi belum terjadi gempabumi susulan.

"Untuk itu, kepada masyarakat pesisir selatan Jawa Barat diimbau agar tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Mochamad Riyad, melalui rilis yang di terima wartawan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6796 seconds (0.1#10.140)