DPRD Natuna Usulkan Proyek Rempang Eco City Dipindahkan ke Natuna

Senin, 18 September 2023 - 15:14 WIB
loading...
DPRD Natuna Usulkan Proyek Rempang Eco City Dipindahkan ke Natuna
Ketua Komisi III DPRD Natuna, Erwan Haryadi mengusulkan Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco City agar dapat dipindahkan ke Natuna. MPI/Alfie Al Rasyied
A A A
NATUNA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna mengusulkan Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco City agar dapat dipindahkan ke Natuna. Pasalnya, letak Natuna sangat strategis dan memiliki banyak lahan kosong.

Ketua Komisi III DPRD Natuna, Erwan Haryadi mengatakan, jika PSN Rempang Eco City dipindahkan ke Natuna, maka roda perekonomian di wilayahnya dapat berjalan.



Selain itu masyarakat di Natuna juga bisa mendapatkan pekerjaan dan tidak bergantung kepada pemerintah daerah sebagai tenaga honorer atau Pegawai Tidak Tetap (PTT).

"Kami mengusulkan agar Rempang Eco City itu dipindahkan ke Natuna aja. Letak Natuna ini sangat strategis, masih banyak lahan tidur, dan bisa menampung pekerjaan. Biar masyarakat kita tidak bergantung dengan honorer pemerintah," ujar Erwan Haryadi, Senin (18/09/2023).



Menurutnya, letak Natuna sangat strategis yang dekat dengan beberapa negara di Asia, termasuk China. Selain itu banyak perusahaan tambang pasir silika untuk bahan pembuatan kaca yang beroperasi di Natuna.

"Rempang Eco City itu kan bangun pabrik kaca. Nah pasir kuarsa silika atau bahannya kan ada di Natuna dan juga ada Kalimantan. Untuk ke China juga lebih dekat," katanya.



Erwan memaparkan, PSN Rempang Eco City juga bisa membantu fasilitas seperti bandara dan pelabuhan. Namun usulannya tersebut tergantung kepada putusan pemerintah pusat.

"Kewenangan itu ada di pemerintah pusat. Kalau Presiden dan Menteri Investasi mau, coba berunding lagi dengan Pemerintah China," katanya.

Pengembangan proyek Rempang Eco-City yang berlokasi di Pulau Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau belakangan menjadi sorotan usai masyarakat yang tinggal di lokasi menolak dipindahkan dan berujung unjuk rasa.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)