Saluran Irigasi Ambles, Ratusan Hektare Sawah di Ciamis Mulai Kering

Kamis, 04 Mei 2017 - 15:51 WIB
Saluran Irigasi Ambles, Ratusan Hektare Sawah di Ciamis Mulai Kering
Saluran Irigasi Ambles, Ratusan Hektare Sawah di Ciamis Mulai Kering
A A A
CIAMIS - Ratusan hektare area persawahan di tiga desa Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai mengering lantaran sudah beberapa hari tidak mendapat pasokan air, akibat amblesnya dasar saluran irigasi di Kawasan Pondokhuni BPH 2 Lakbok Utara yang ada di Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Persawahan yang mulai mengering ini terletak di Desa Kalapasawit, Desa Sukanagara, dan Desa Kertajaya. Luasnya mencapai ratusan hektare. Sawah itu sangat membutuhkan air karena dalam proses tanam.

Salah seorang petani di Desa Kalapasawit Sarno mengatakan, dengan kondisi lahan pertanian yang tidak teraliri air, tanah kembali mengeras, sehingga lahan sawah yang akan digarap tidak bisa diolah.

"Kalau kurang air jadi lahan tidak bisa diolah, karena kalau membajak sawah itu harus memerlukan air," ujarnya, Kamis (4/5/2017).

Camat Lakbok Idang Dahlan menuturkan, amblesnya saluran irigasi di wilayah menyebabkan ratusan hektare sawah di tiga desa tidak mendapat pasokan air dan mulai mengering sejak beberapa hari ini.

"Sekarang sudah verifikasi ke desa, ini apakah nanti akan ditangani secara swadaya atau secara terstruktur oleh BBWS Citanduy. Yang terpenting air bisa kembali mengalir, luas sawah yang mulai mengering mencapai ratusan (hektare)," katanya.

Menurut Idang, kebutuhan air sudah mendesak. "Masalahnya bukan lama atau sebentar tetapi momen sekarang ini petani Lakbok sedang proses masa tanam yang memang membutuhkan air. Kami berharap segera ada perbaikan."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5577 seconds (0.1#10.140)