UMM dan KLS Kerja Sama Pemberdayaan Profesi Penerjemah

Kamis, 14 September 2023 - 11:56 WIB
loading...
UMM dan KLS Kerja Sama Pemberdayaan Profesi Penerjemah
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Katagonia Language Solutions menandatangani kerja sama pemberdayaan profesi penerjemah. Foto/Ist
A A A
MALANG - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bersama Katagonia Language Solutions menandatangani kerja sama pemberdayaan profesi penerjemah.

Acara penandatanganan MoU tersebut dihadiri Co-founder Katagonia Language Solutions (KLS) Sony Novian dan Wakil Dekan 2 Universitas Muhammadiyah Malang, SaifulAmien.

Saiful menjelaskan kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa UMM dalam hal teknologi dan metodologi terbaru.

"Saya sangat mengapresiasi inisiatif KLS dan Pak Sony. Ke depan, mahasiswa UMM berkesempatan melakukan magang di KLS sekaligus dapat menguatkan kompetensi mereka guna menjadi tenaga penerjemah profesional," ujar Saiful, Kamis (14/9/2023).



Menurut Co-founder Katagonia Language Solutions (KLS) Sony Novian mengatakan, penerjemah menjadi salah satu profesi yang paling diminati. Pasalnya industri ini memiliki tingkat pertumbuhan yang stabil.

Selain itu, generasi muda membutuhkan komunikasi lintas bahasa yang efektif pada era globalisasi saat ini. Adanya konvergensi akademisi dan industri dapat memberikan hasil yang transformatif bagi industri penerjemah.

Untuk itu KLS bersama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menandatangani nota kesepahaman dalam memberdayakan mahasiswa UMM yang akan terjun menjadi penerjemah.

"MoU KLS dengan UMM ini merupakan bukti dari kolaborasi untuk pemberdayaan industri penerjemah. Kemitraan ini menjembatani gap antara teori dan praktik sekaligus memberikan wawasan strategis dalam melihat industri ini," ujar Sony.

Sony menjelaskan, kolaborasi KLS dan UMM diharapkan dapat memperkuat aspek 'link and match" antara dunia industri dengan akademis.

"KLS sebagai agensi penerjemah telah mengadaptasi teknologi bahasa 4.0. Untuk itu kami berharap dari MoU ini, pemberdayaan dan riset di bidang bahasa dapat berkontribusi optimal bagi para akademisi UMM untuk terkoneksi secara global," ujarnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)