BPIP Gelar Penganugerahan Ikon Prestasi dan Insan Pancasila 2023 di Bandung

Rabu, 13 September 2023 - 06:55 WIB
loading...
BPIP Gelar Penganugerahan Ikon Prestasi dan Insan Pancasila 2023 di Bandung
BPIP menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi dan Insan Pancasila 2023 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Penganugerahan Ikon Prestasi dan Insan Pancasila 2023 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti dengan kirab Pancasila sepanjang Jalan Asia Afrika.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menjelaskan bahwa pemilihan Bandung sebagai kota penyelenggara Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila 2022 karena kota ini memiliki latar belakang sejarah pertemuan yang melahirkan Pancasila. Sekaligus sebagai awal mula hubungan Indonesia dengan kancah internasional.



"Dulu banyak petinggi negara diundang oleh Presiden Soekarno, jadi ada alasan historis. Faktor penilaiannya (penganugerahan) ada banyak, mulai dari segi sains dan teknologi, wirausaha sosial, prestasi olahraga, kerukunan umat beragama, hingga seni budaya," kata Yudian dikutip Rabu (13/9/2023).

Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila adalah ajang pemberian penghargaan kepada lima tokoh masyarakat dan 13 tokoh atau kelompok dalam lima kategori, yaitu Sains dan Inovasi, Kewirausahaan Sosial, Seni dan Budaya, Olahraga, hingga Tokoh/Penggerak Lintas Iman.

Yudian mengatakan bahwa para kandidat ini dipilih dari seluruh Indonesia dan memiliki latar belakang yang beragam.

Mereka yang terpilih dan terkurasi telah memiliki prestasi, karya, maupun keteladanan yang diharapkan dapat menginspirasi serta membangkitkan semangat berbangsa dan bernegara sebagai wujud ideologi Pancasila.



Salah satu dari 13 penerima Insan Pancasila 2023 adalah Ignasius Jonan, yang dinilai sebagai sosok yang menginspirasi melalui kebijakan publik yang pernah ditetapkan Jonan untuk Indonesia.

Selain itu, ada juga Risa Damayanti, seorang ASN yang memiliki pengaruh besar, serta guru di SDN 3 Cisande, Kabupaten Sukabumi, yang sempat menjadi viral.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)