alexametrics

Panitia Kurban Gebrak Meja, Ratusan Warga Tak Berkupon Bubar

loading...
Panitia Kurban Gebrak Meja, Ratusan Warga Tak Berkupon Bubar
Panitia pembagian daging kurban memberi penjelasan kepada ratusan warga yang mengantre. Foto/INEWSTv/Rustaman Nusantara
A+ A-
GROBOGAN - Ratusan warga yang tak mendapatkan kupon pembagian daging kurban berdesakan tanpa menerapkan protokol kesehatan di Masjid Baiturrahman, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (1/8/2020).

Panita kurban terpaksa membubarkan kerumunan warga tak berkupon itu dengan menggebrak meja. Pasalnya, warga yang mayoritas dari luar Purwodadi itu tetap memaksa panitia memberikan daging kurban. Sementara daging kurban telah habis dibagikan untuk warga yang berhak menerimanya. (BACA JUGA:Hendi Rayakan Idul Adha di Rumah Isolasi COVID-19)

Seorang petugas keamanan pembagian daging kurban Masjid Baiturrahman, Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah yang jengkel dengan ulah warga tak berkopun itu langsung menggebrak meja untuk membubarkan kerumunan. Meski kecewa tidak mendapat bagian daging/ warga kemudian membubarkan diri. (BACA JUGA:Ratusan Hewan Korban di Sleman Terkena Penyakit Cacing Hati)

Pantauan di lokasi, ratusan warga tidak memiliki kupon daging kurban tampak berkerumun di pintu masuk Masjid Baiturrahman. Mereka memaksa panitia membagikan kurban dengan alasan mereka telah menunggu sejak pagi. (BACA JUGA:Intip Kekompakan Gibran-Teguh saat Penyembelihan Hewan Kurban)

Kurang lebih lima ratus orang yang tidak memiliki kupontersebut berjubel dan saling berdesakan tanpa mengindahkan protokol kesehatan. Sementara petugas keamanan dan panitia tetap menolak untuk memberikan daging sebelum seluruh warga yang memiliki kupon mendapatkan hak mereka.



Dalam antrean ini, beberapa warga yang memiliki kupon merangsek ke depan untuk mengambil daging kurban. Petugas pembagian daging kurban di Masjid Baiturrahman menerapkan protokol kesehatan dengan mengatur jumlah warga yang akan mengambil daging.

Sekali masuk hanya doperbolehkan lima orang secara bergantian. Selain dibagikan ke warga yang memiliki kupon, sebanyak seribu lima ratus bungkus daging ini juga dibagikan ke panti asuhan dan pondok pesantren yang telah didata.



Ketua panitia pembagian daging kurban Masjid Baiturrahman Purwodadi mengatakan, pihaknya telah membagikan 1.500 kupon kepada warga sekitar dan yang datang pada pagi harinya.

"Panitia juga telah menyediakan sebanyak dua ratus bungkus daging kurban cadangan untuk warga yang tidak mendapatkan kupon," kata Maryanto.

Sementara, ujar Maryanto, hampir 500 warga yang datang tanpa kupon sehingga membuat panitia menjadi kerepotan. Warga yang mengantre itu diketahui telah menerima daging kurban di beberapa masjid lain. "Petugas terpaksa mengusir warga yang nekat memaksa minta bagian daging kurban karena sudah habis terbagi," ujar Maryanto.

Pada Idul Adha 1441 Hijriah, pantia kurban Masjid Baiturrahman, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, menyembelih sebanyak 7 ekor sapi dan 4 ekor kambing.
(awd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak