6 Penghargaan yang Diterima Ganjar Pranowo saat Menjadi Gubernur Jawa Tengah

Senin, 11 September 2023 - 16:55 WIB
loading...
6 Penghargaan yang Diterima Ganjar Pranowo saat Menjadi Gubernur Jawa Tengah
Ganjar Pranowo telah banyak memperoleh banyak penghargaan selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo telah banyak memperoleh banyak penghargaan selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah . Mulai dari penghargaan yang diberikan oleh komunitas hingga lembaga pemerintah.

Banyaknya prestasi dan penghargaan yang diterima Ganjar Pranowo selama dua periode memimpin Jawa Tengah ini membuat namanya mencuat. Tak heran bila dirinya menjadi salah satu bakal calon presiden (Bacapres) Pilpres 2024 mendatang.

Bahkan pada 2022 lalu, Ganjar Pranowo setidaknya telah mendapatkan 30 penghargaan dari tingkat regional hingga nasional.



Untuk mengetahui penghargaan apa yang telah diperoleh oleh pria berambut putih ini, berikut ini sedikitnya enam penghargaan bergengsi yang diterima Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Penghargaan yang Diterima Ganjar Pranowo


1. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD)


Pada Juni 2023, Jawa Tengah kembali terpilih sebagai provinsi terbaik pertama dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dilansir dari laman resmi Prov Jateng, penghargaan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia itu merupakan kali ketiga diterima Provinsi Jateng pada era kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo.

2. Penghargaan Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia


Pada awal tahun 2022, Ganjar Pranowo mendapatkan penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia.



Selain itu, Ganjar juga membawa dua penghargaan lain, yakni yakni Provinsi dengan koordinasi pengelolaan zakat terbaik, dan Provinsi/Kabupaten/Kota dengan inovasi pengumpulan zakat terbaik.

3. Penghargaan Strategi Terbaik Penyaluran KUR untuk UMKM Tingkat Nasional


Pada Agustus 2023, Ganjar kembali membawa prestasi bagi Jawa Tengah. Untuk kali ketiganya secara berturut-turut, dia berhasil membawa Jateng mendapat penghargaan sebagai provinsi dengan strategi terbaik penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM tingkat nasional.

Penghargaan diberikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto kepada Gubernur Jawa Tengah. Acara tersebut juga turut dihadiri Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki.

4. Penghargaan dari BRIN


Upaya Ganjar Pranowo untuk mendorong keberadaan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) di seluruh daerah dan menjalankan program 1 OPD satu inovasi membuatnya meraih penghargaan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Penghargaan ini diberikan atas kemampuannya melakukan berbagai inovasi di tahun 2022.

5. Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)


Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Ganjar pada 2023 ini merupakan kali ke-12 berturut-turut diterima Pemprov Jawa Tengah.

Predikat WTP ke-12 ini disandang Pemprov Jateng berturut-turut, melalui Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemprov Jateng, yang dinilai transparan dan akuntabel.

6. Penghargaan dari Kemenaker


Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga menerima penghargaan sebagai Pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Ketenagakerjaan. Hal ini tidak terlepas dari upaya Ganjar untuk menindak tegas perusahaan-perusahaan besar yang tidak memperhatikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) para karyawannya di tahun 2022 lalu.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4256 seconds (0.1#10.140)