Mengenal Desa Bantir di Candiroto Temanggung, Lokasi KKN Ganjar Pranowo Saat Kuliah

Kamis, 07 September 2023 - 11:51 WIB
loading...
Mengenal Desa Bantir di Candiroto Temanggung, Lokasi KKN Ganjar Pranowo Saat Kuliah
Ganjar Pranowo saat mengunjungi pemilik rumah semasa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bantir. Foto/Dok.Humas Pemprov Jateng
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo merupakan seorang politisi Indonesia yang menjabat Gubernur Jawa Tengah selama dua periode (2013-203). Beberapa waktu lalu, dia resmi diusung sebagai bakal calon presiden (Bacapres) RI oleh PDIP.

Ganjar Pranowo lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1968. Dia merupakan putra dari pasangan Parmudji Pramudi Wiryo dan Sri Suparni.

Jauh sebelum dikenal luas oleh masyarakat dan menjadi politisi sukses, Ganjar telah banyak menjalani pendidikan selama hidupnya. Melihat ke belakang, dia pernah menimba ilmu di berbagai tempat berbeda, termasuk Universitas Gadjah Mada (UGM).

Ganjar diketahui sebagai alumni Universitas Gadjah Mada (UGM). Dulunya, dia masuk ke Fakultas Hukum UGM dan berhasil lulus pada tahun 1995.

Saat kuliah di UGM, Ganjar pernah mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program pengabdian masyarakat ini telah umum dilakukan berbagai perguruan tinggi di Tanah Air.

Ganjar menjalani masa KKN saat menjadi mahasiswa UGM. Sekitar tahun 1994, dia mendapat tempat pengabdian di Desa Bantir, Candiroto, Kabupaten Temanggung.

Mengenal Desa Bantir di Candiroto Temanggung


Bantir adalah sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Candiroto. Daerah itu masuk dalam cakupan Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Memiliki letak geografis di lereng gunung Sindoro, para penduduk mengandalkan hasil bumi sebagai mata pencaharian sehari-hari. Tak hanya padi, namun juga hasil lain seperti bawang, cabai, dan lainnya.

Tak hanya itu, Desa Bantir juga terkenal dengan salah satu produk kerupuk yang populer. Namanya sendiri adalah ‘Kerupuk Bantir’.

Beberapa waktu lalu, nama desa ini viral di media sosial setelah dikunjungi Ganjar Pranowo. Mengutip laman Portal Provinsi Jawa Tengah, Ganjar saat itu yang sedang berkunjung ke Temanggung tiba-tiba berbelok dan mampir ke Bantir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)