58 Mahasiswa UMY Terjerat Pinjol dan Rentenir untuk Gaya Hidup

Senin, 11 September 2023 - 14:16 WIB
loading...
58 Mahasiswa UMY Terjerat Pinjol dan Rentenir untuk Gaya Hidup
Rektor UMY Gunawan Budiyanto menjelaskan sebanyak 58 mahasiswa terperangkap pinjol dan rentenir. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Sebanyak 58 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terperangkap dalam pinjaman online (pinjol) dan rentenir. Pihak kampus meminta kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk segera bertindak agar tidak semakin banyak mahasiswa yang terjerat.

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengakui berdasarkan survei yang mereka lakukan setidaknya ada 58 mahasiswa UMY yang terjerat pinjol dan rentenir. Namun dia mengklaim ada yang tinggal 3 bulan dan ada yang sudah lunas.



"Tetapi pinjol ini memang luar biasa bunganya. kalau biasa itu biasa, ini bukan pinjaman ini merampok," ujar Gunawan di UMY, Senin (11/9/2023).



Dia mengatakan sebenarnya mahasiswa itu malu mengungkapkanya. Karena pinjaman itu bukan untuk kegiatan kuliah, tetapi untuk lifestyle (gaya hidup) dan untuk macam-macam. Sehingga hal inilah yang menjadikan persoalan ini susah dicari jalan keluarnya

Tak hanya di UMY, Gunawan sangat yakin jika mahasiswa di Yogyakarta ini banyak yang terjerat pinjol seperti yang sudah dia sampaikan beberapa waktu lalu. Pihaknya sudah menemukan mahasiswa-mahasiswa yang terjerat pinjol dan rentenir.

"Kami sudah melakukan survei yang tidak acak tetapi detil tiap prodi kita ambil 40 orang," tambahnya.



Dia menambahkan survei tersebut dilakukan acak di mana mahasiswa tersebut ditanya satu-satu ketika sedang mengurus legalisasi atau saat registrasi. Di mana mahasiswa tersebut ditanya apakah terjerat pinjol, dan berkenankah untuk diwawancarai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3443 seconds (0.1#10.140)