Antisipasi Banjir, TGS Ganjar dan Warga Gotong Royong Bersihkan Desa

Kamis, 07 September 2023 - 12:59 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, TGS Ganjar dan Warga Gotong Royong Bersihkan Desa
Relawan TGS Ganjar Sumut bersama puluhan masyarakat bergotong Royong membersihkan gorong-gorong, sampah, dan limbah di Desa Tembung, Deli Serdang, Kamis (7/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DELI SERDANG - Relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Ganjar Sumut bersama puluhan masyarakat bergotong Royong membersihkan gorong-gorong, sampah, dan limbah di Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dilakukan agar saat tiba musim penghujan, saluran air sudah bersih sehingga tidak menimbulkan banjir.

"Kami melaksanakan gotong royong dalam rangka bersih-bersih lingkungan membangun semangat solidaritas di tengah-tengah masyarakat," kata Koordinator TGS Ganjar Sumut Zulfi Andika di Desa Tembung, Kecamatan Pecut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (7/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, TGS Ganjar tak hanya melakukan kerja bakti dan gotong royong bersama. Mereka memberikan sejumlah bantuan peralatan kebersihan yang bisa digunakan dalam menunjang aktivitas warga dalam melakukan kerja bakti.

Menurut Zulfi, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan akibat lingkungan yang kotor dan mengganggu kenyamanan masyarakat setempat. Sekaligus memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat.

"Tujuan kami yang utama adalah memberikan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan yang bersih dan sehat agar terhindar dari bencana serta berbagai macam potensi penyakit yang muncul akibat kotornya lingkungan," lanjutnya.

Kegiatan ini juga atas dasar analisa dan masukan dari masyarakat setempat. "Ini permintaan dari masyarakat setempat karena kebetulan di sini masyarakatnya aktif secara rutin melaksanakan kegiatan kerja bakti," terangnya.

TGS Ganjar akan terus berkomitmen memberikan kontribusi dalam mendorong aksi sosial. "Kami komitmen dan gencar untuk melakukan kegiatan kanvasing yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat dengan pola yang humanistik, seperti kegiatan sosial, keagamaan, edukasi dan bantuan peningkatan kesejahteraan," ujarnya.

Salah seorang warga Sahdan (50) mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut. Hal tersebut mendorong masyarakat untuk lebih giat lagi dalam merawat dan menjaga lingkungan di wilayahnya.

"Alhamdullilah saya ucapkan terima kasih sebagai perwakilan warga di Desa Tembung atas program dari relawan Bapak Ganjar, capres kita. Sangat bagus dalam memberikan motivasi terutama dalam melakukan kegiatan yang bersifat gotong royong," katanya.

Menurut Sahdan, desanya kerap dilanda banjir apabila musim penghujan tiba. Oleh sebab itu, kegiatan tersebut sangat penting sekaligus sebagai momentum mempererat hubungan antara masyarakat dengan relawan Ganjar Pranowo.

Ke depan, Sahdan siap membantu TGS mencapai target dan tujuan dalam mengenalkan sosok Ganjar Pranowo di wilayahnya. Dia menilai, TGS Ganjar sudah banyak berkontribusi untuk desanya. Warga pun siap memenangkan Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Apalagi, di Desa Tembung memiliki penduduk yang jumlahnya mencapai puluhan ribu dan kerap disebut sebagai desa terpadat penduduk di Sumut. "Warga Desa Tembung jumlahnya sekitar 50.000. Bisa dibilang satu desa dengan penduduk paling banyak di Sumut, bahkan mungkin Indonesia," ujarnya.

Tak sampai di sini, Sahdan berharap TGS Ganjar terus menggelar program supaya masyarakat di daerahnya bisa berkembang, baik dalam aspek sosial, spiritualitas maupun ekonomi. "Semoga ke depan kami makin erat, bersinergi dalam membuat program yang bersifat keagamaan dan bantuan pelatihan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)