Komunitas Pemuda di Lumajang Bangun Gapura dan Bersih-bersih Makam Pahlawan

Rabu, 06 September 2023 - 14:30 WIB
loading...
Komunitas Pemuda di Lumajang Bangun Gapura dan Bersih-bersih Makam Pahlawan
Sejumlah desa di Lumajang, Jatim yang tergabung dalam Heppiii Community merayakan HUT Ke-78 RI dengan menggelar berbagai lomba dan membersihkan makam pahlawan. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Sejumlah desa di Lumajang, Jawa Timur yang tergabung dalam Heppiii Community merayakan HUT Ke-78 RI. Mereka menggelar kegiatan seperti lomba yang makin meningkatkan kebersamaan warga, termasuk juga membersihkan makam pahlawan.

Karang Taruna (Kartar) Lumajang yang menggelar kegiatan ini seperti di Desa Tukum, Desa Karangsari, Desa Duren. Kemudian juga di Desa Pejarakan, kemudian di Kelurahan Jogoyudan, dan lainnya.



Ketua Kartar Sekarwangi Desa Duren, Lumajang, Khoirroni Jufri mengatakan kegiatan di desanya berlangsung selama Agustus 2023. Berbagai kegiatan digelar, seperti misalnya lomba-lomba keseruan agustusan yang melibatkan semua warga, dari anak-anak sampai dewasa seperti emak-emak.

"Selain lomba kami juga melakukan kegiatan gotong royong dengan warga untuk pendirian gapura sebagai tanda masuk desa kami. Kami juga menggelar kegiatan bersih-bersih di makam pahlawan, kemudian upacara yang melibatkan muspika, perangkat desa dan lainnya," katanya, Selasa (5/9/2023).

Kegiatan ini kata dia rutin dilakukan oleh warga desa setiap momen peringatan HUT Ke-78 RI. Semua warga kata dia juga sangat kompak bahu membahu untuk menyemarakkan perayaan kemerdekaan ini, termasuk dengan karnaval.

Koordinator Heppiii Community Lumajang Miftachul Arif mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Kegiatan ini rutin dan melibatkan peran aktif warga desa untuk sama-sama memberikan manfaat kepada desa masing-masing.



Selain Lumajang, kegiatan Merdeka Heppiii ini juga berlangsung di 181 desa di 17 kabupaten kota di Indonesia, khususnya di Jawa timur dan Kalimantan.

Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari upaya terus membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Pihaknya selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

"Selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan atau pemasangan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM, pengajian, juga diisi dengan lomba-lomba, kemudian gerak jalan, upacara bendera, dan kegiatan yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)