Peluang Usaha, Mak Ganjar Sumbar Gelar Pelatihan Merajut

Senin, 04 September 2023 - 12:44 WIB
loading...
Peluang Usaha, Mak Ganjar Sumbar Gelar Pelatihan Merajut
Relawan Mak Ganjar Sumatra Barat (Sumbar) menggelar pelatihan merajut di Jalan Sapek Raya Kampung Jambak, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Minggu (3/9/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PADANG - Relawan Mak Ganjar Sumatra Barat (Sumbar) menggelar pelatihan merajut di Padang. Pelatihan ini untuk mendorong pemberdayaan peran perempuan di bidang ekonomi.

"Alhamdulillah kami pilih kegiatan merajut ini bisa kreasinya nanti bentuk tas, tapi hari ini kami pilih gantungan kunci untuk mempersingkat waktu," kata Korwil Mak Ganjar Sumbar Ulfa Yulida di Jalan Sapek Raya Kampung Jambak, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Minggu (3/9/2023).

Di samping bernilai ekonomis, kata Ulfa, banyak manfaat lain yang bisa diperoleh saat mengisi waktu luang dengan kegiatan merajut. Di antaranya dapat menghilangkan stress, melatih otot, mengembangkan kognitif otak, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri.

"Karena dengan merajut kami bisa dapat mencari inspirasi-inspirasi, baru nanti hasil rajutannya bisa buat diri sendiri, kita kasih, ataupun bisa juga untuk menjadi produk industry home untuk meningkatkan UMKM dan pemberdayaan wanita," lanjutnya.

Ulfa berharap nantinya emak-emak di daerah itu mampu berkreasi sedemikian rupa agar meningkatkan produksi dari hasil karyanya berupa rajutan tas, gantungan kunci, tempat tisu dan lain sebagainya. Nantinya karya ini akan diperjualbelikan di toko souvenir atau toko oleh-oleh agar pangsa pasarnya makin meluas.

Selain itu, hasil rajutan yang bagus nantinya juga akan berpengaruh pada minat masyarakat pada produk rajutan. Ulfa mencontohkan produk rajutan gantungan kunci yang bisa dimulai dengan modal murah namun menghasilkan untung meriah.

"Contohnya gantungan kunci, modalnya satu benang kaos segulung itu Rp30.000, satu jarum Rp15.000. Satu gulung (benang) itu bisa menghasilkan 8 gantungan kunci yang bisa dijual seharga Rp10.000 berarti total Rp80.000," jelasnya.

Dengan demikian, emak-emak dapat mengisi waktu luangnya dengan lebih produktif lagi karena bisa meraup pundi-pundi rupiah lewat kegiatan merajut. "Lebih mandiri, lebih kreatif. Jadi emak-emaknya di saat waktu luang lebih bisa memanfaatkan dengan yang produktif. Contohnya dengan merajut ini, kreasi dalam bentuk tas, gantungan, kunci, souvenir, yang jelas ini sangat menginspirasi sekali," jelasnya.

Manfaat kegiatan itu juga diungkapkan salah seorang peserta bernama Atun. Perempuan berusia 52 tahun itu mengucapkan terima kasih kepada Mak Ganjar yang telah menghelat pelatihan tersebut.

"Kami sangat berterima kasih sekali dengan adanya pelatihan ini. Semoga bisa berkembang, di masyarakat ini bisa menambah pendapatan, mata pencaharian tambahan juga buat ibu-ibu di sini. Kami support sekali mudah-mudahan Pak Ganjar duduk (jadi presiden)," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3212 seconds (0.1#10.140)