Hari Ketujuh Operasi Patuh Candi, Zero Kecelakaan Menonjol di Jateng

Jum'at, 31 Juli 2020 - 16:04 WIB
loading...
Hari Ketujuh Operasi Patuh Candi, Zero Kecelakaan Menonjol di Jateng
Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Arman Achdiat menyatakan sampai hari ketujuh Operasi Patuh Candi 2020, tidak ada kecelakaan menonjol di Jateng. Foto/Ist
A A A
BREBES - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng , Kombes Pol Arman Achdiat menyatakan sampai hari ketujuh Operasi Patuh Candi 2020, tidak ada kecelakaan menonjol di Jateng. Meski demikian, tercacat ada 251 peristiwa kecelakaan . Operasi juga menemukan 11.277 pelanggaran di mana 4.474 pelanggaran dikenakan tilang (bukti pelanggaran), sementara sisanya diberikan teguran oleh petugas.

Arman mengungkapkan tidak adanya kecelakaan menonjol terus diupayakan melalui cipta kondisi seperti pendidikan masyarakat dan program Turjawali (pengaturan penjagaan pengawalan dan patroli) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19. (Baca juga: Intip Kekompakan Gibran-Teguh saat Penyembelihan Hewan Kurban)

Sedangkan penerapan contraflow dan oneway hanya dilakukan secara situasional. Petugas juga memberi prioritas kepada kendaraan kecil bila terjadi kepadatan lalu lintas. Sehingga truk dan mobil yang bermuatan beban dialihkan ke jalur arteri. (Baca juga: 30 Tahun Jadi Tukang Jagal, Parang Mendadak Tumpul saat Sembelih Kurban)

Selain itu telah dilakukan 59.000 kali lebih kegiatan Dikmas dalam bentuk sosialisasi dan edukasi melalui media cetak, media elektronik, media siber dan media sosial. Adapun 36.033 kali Turjawali dengan penjagaan obyek wisata, pengaturan arus lalu lintas dan patroli jalan raya.

"Sebagai laporan, petugas PJR yang bertugas di jalan tol yang ada di Jateng ada 79 personel," kata Arman saat memaparkan kepada Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Asops Kapolri Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol Wahyu Hidayat, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, beberapa pejabat utama Polda Jateng, Bupati dan Kapolres Brebes dan Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Edwin Samma Baratiku di Brebes, Kamis sore (30/7/2020).

Mengenai kenaikan arus lalu lintas yang masuk ke Jateng menjelang Idul Adha 1441, dari deteksi petugas tercatat ada kenaikan jumlah kendaraan yang masuk Jawa Tengah sebanyak 22,6%. Dia menjelaskan, yang menonjol terlihat di gerbang tol (GT) Kalikangkung. Kendaraan yang masuk melonjak dibanding hari biasa pada tiga hari terakhir pekan ini.

Hari Senin biasanya jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 209.608 kendaraan, namun awal pekan ini jumlahnya mencapai 211.104 kendaraan; pada Selasa pekan ini naik dari 210.195 kendaraan menjadi 213.149 kendaraan (naik 22%) dan pada Rabu (29/7/2020) ada 217.144 kendaraan (naik 33%) dari jumlah Rabu sebelumnya sebanyak 2011.347 kendaraan.

Adanya peningkatan arus lalu lintas di jalan tol, kata Arman, juga diantisipasi dengan mengerahkan 73 personel PJR (Patroli Jalan raya) untuk mengamankan ruas dari Brebes sampai Sragen. Polisi juga ikut mengawasi kondisi 16 rest area di Jalur A dan Jalur B serta 26 lokasi exit tol yang ada di Jawa Tengah.

“Kita intens melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk pengelola jalan tol di Jawa Barat untuk menjaga kelancaran dan keselamatan bersama. Pendirian Pospam terpadu adalah wujud nyata sinergi semua pihak dalam Operasi Patuh Candi 2020,” ujar alumni Akpol 1992 ini.

Menanggapi laporan tersebut, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, memberikan apresiasi atas kesiapan Polda Jateng dalam Pengamanan Hari Raya Idhul Adha 2020. Wakapolri menyambut baik beberapa kegiatan dan inovasi kegiatan yang telah dilaksanakan dengan tujuan mencegah penyebaran COVID-19.

"Saya minta pelaksanaan operasi tetap mengedepankan langkah-langkah persuasif dan humanis. Penindakan hukum jadi langkah terakhir. Jangan lupa lakukan evaluasi terkait anggota agar dalam kondisi sehat dan fit. Kalau ada yang sakit segera diganti agar tidak mudah terpapar COVID-19," kata Wakapolri.

Sementara, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam sambutannya meminta pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2020 tetap mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas. Kapolda Jateng juga mengingatkan jajarannya tegas dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Menindak lanjuti instruksi Presiden dalam rangka adaptasi kebiasaan baru dan peningkatan perekonomian masyarakat. "Polda Jateng telah melaksanakan 4 inovasi kegiatan yaitu kampung siaga candi, pesantren siaga candi, wira usaha candi, dan wisata candi," sebutnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6105 seconds (0.1#10.140)