Anies-Cak Imin Pilih Surabaya Tempat Deklarasi, Jubir Marco Bilang Gini

Sabtu, 02 September 2023 - 13:26 WIB
loading...
Anies-Cak Imin Pilih Surabaya Tempat Deklarasi, Jubir Marco Bilang Gini
Deklarasi pasangan Anis Baswesan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan digelar di Hotel Majapahit, Surabaya. Foto/Istimewa
A A A
SURABAYA - Deklarasi pasangan Anies Baswesan -Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan digelar hari ini, Sabtu (2/9/2023). Hotel Majapahit dipilih menjadi tempat deklarasi pasangan capres dan cawapres 2024 ini.

Bukan tanpa alasan Surabaya dipilih sebagai tempat bersejarah Nasdem dan PKB ini. Seperti diketahui, Hotel yang dulunya bernama Hotel Yamato ini menjadi ikon sejarah penting di kota pahlawan.

Menurut Jubir Anies, Marco Kusumawijaya pemilihan Kota Surabaya dan Hotel Majapahit sebagai lokasi deklarasi Bacapres dan Bacawapres KPP sangat tepat, karena sarat akan sejarah panjang perjuangan bangsa.



“Itu sudah pas di Surabaya kaya akan sejarah perjuangan dalam perjalanan bangsa Indonesia. Hotel Majapahit dulu tempat insiden perobekan bendera Belanda menjadi bendera Merah Putih Indonesia, berkat keberanian arek-arek Suroboyo,” kata Marco.

Hotel Majapahit telah berdiri sejak 1 Juni 1910 di Jalan Tunjungan 65 Surabaya dan dibuka secara resmi tahun 1912. Peristiwa bersejarah terkait Hotel Majapahit yaitu peristiwa penyobekan bendera yang terjadi pada tanggal 19 September 1945.

Pada hari itu bendera warna biru pada bendera Kerajaan Belanda (Merah Putih Biru) di tiang bendera yang terdapat pada menara di sudut barat laut Hotel Yamato, dirobek pemuda Surabaya, maka menyisakan warna merah dan putih bendera Republik Indonesia.



Marco berharap, pemilihan Surabaya dan Hotel Majapahit sebagai lokasi deklarasi akan membawa semangat dan pesan kepada semua terkait tujuan berdirinya negara Indonesia, seperti yang kerap disampaikan oleh Capres Anies.

“Pak Anies sering mengatakan bahwa tujuan berdirinya republik ini bukan sekedar menggulung kolonialisme,tetapi juga menggelar keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

“Harapannya ini(menggelar keadilan dan kesejahteraan) bisa kita pegang dan ikhtiarkan bersama-sama di bawah kepemimpinan Anies-Cak Imin ke depan,” tandas jubir yang baru saja merilis buku bertajuk “Kota-kota Indonesia: Pengantar Untuk Orang Banyak” itu.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)