Kota Probolinggo Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023 Berkat Optimalisasi Program UHC

Jum'at, 01 September 2023 - 19:45 WIB
loading...
Kota Probolinggo Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023 Berkat Optimalisasi Program UHC
Kepala Daerah serta Lembaga yang mendapat penghargaan Indonesia Awards 2023 (Foto: dok iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota Probolinggo berhasil meraih Penghargaan Indonesia Awards (IA) 2023 dengan kategori Outstanding Awards for Integrated Initiative. Penghargaan ini berhasil diperoleh atas inisiasi pengoptimalan program kerja jangka panjang yang bertajuk Universal Health Coverage Pemkot Probolinggo. Ini merupakan wujud komitmen Kota Probolinggo dalam memberikan pelayanan prima dalam bidang kesehatan.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Wali Kota Probolinggo Habib Zainal Abidin pada malam acara penganugerahan Indonesia Award 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta pada Kamis (31/8/2023).

Dalam kesempatan tersebut Habib Zainal Abidin menyatakan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut terlibat dalam kelancaran program tersebut. Sehingga program ini mengantarkannya menyabet penghargaan bergengsi.

“Apresiasi ini adalah bentuk komitmen pemerintah Kota Probolinggo, karena kami hadir dalam memenuhi hak dasar masyarakat di bidang kesehatan. Tentunya ke depan harus terus ditingkatkan sarana prasarana yang terbaik bagi warga kota Probolinggo pada khususnya,” tuturnya.

Wali Kota Habib Zainal Abidin menyatakan bahwa program pelayanan melalui BPJS Kesehatan tersebut telah ia canangkan sejak awal menjabat sebagai kepala daerah pada tahun 2019. Ia pun menambahkan bahwa selain menjamin warga Kota Probolinggo dengan BPJS dimana hal tersebut sudah sepenuhnya menjadi komitmennya. Selain itu juga pemerintah Kota Probolinggo dapat memaksimalkan seluruh sarana dan prasarana yang ada.

Ia menjelaskan bahwa Universal Health Coverage (UHC) merupakan program pemerintah yang mengandalkan penjaminan kesehatan. Program ini memastikan setiap warga memiliki akses pelayanan kesehatan dengan metode promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan bermutu dengan biaya yang relatif terjangkau.

Kota Probolinggo adalah salah satu daerah yang mencetak angka optimalisasi kinerja program UHC tertinggi diantara daerah yang lain. Berdasarkan data yang dirilis oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes, P2KB) Kota Probolinggo telah menunjukkan data capaian UHC Kota Probolinggo yang mencapai 99,41 persen sampai bulan Desember 2022.

Untuk menunjang sentra pelayanan kesehatan tersebut, Pemerintah Kota Probolinggo juga meningkatkan sarana prasarana pelayanan kesehatan. Adapun sarana yang ditingkatkan di antaranya Ambulance siaga yang ditempatkan di 29 kelurahan hingga pendirian Rumah Sakit Umum Daerah Ar-Rozy.

Kota Probolinggo Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023 Berkat Optimalisasi Program UHC

Wali Kota Probolinggo Habib Zainal Abidin (Foto: dok iNews Media Group)

Dalam kesempatan yang sama, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengucapkan selamat serta apresiasi kepada para penerima penghargaan. Ia pun menyampaikan sedikit komentarnya mengenai peluncuran iNews Media Group yang berjalan dengan lancar tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)