Sukses Majukan Ekraf Daerah, Pemkab Kutai Kartanegara Terima Penghargaan Indonesia Awards 2023

Jum'at, 01 September 2023 - 19:45 WIB
loading...
Sukses Majukan Ekraf Daerah, Pemkab Kutai Kartanegara Terima Penghargaan Indonesia Awards 2023
Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta pada Kamis (31/8/2023). (Foto: dok iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menerima penghargaan Indonesia Awards 2023 yang diserahkan kepada Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin pada malam penganugerahan Indonesia Awards 2023 di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Jakarta, Kamis (31/8/2023). Penghargaan ini masuk ke dalam kategori Excellent Award for Strategic Initiative atas Inisiatif Komite Ekonomi Kreatif (KeKraf) Kutai Kartanegara.

Mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada berbagai pihak yang terlibat hingga tercapainya prestasi ini, termasuk kepada Komite Ekonomi Kreatif Kutai Kartanegara.

“Alhamdulillah malam ini kami dari Kutai kartanegara bersama dengan ekonomi kreatif Kutai Kartanegara dan Dinas Pariwisata mendapatkan penghargaan Indonesia Awards Kabupaten Terkreatif versi iNews,” katanya di Jakarta Concert Hall, iNews Tower, Kamis (31/8/2022).

Seperti diketahui, KeKraf Kutai Kartanegara merupakan badan yang dibentuk melalui SK Bupati Nomor 377/SK-BUP/HK/2019 dengan susunan kepengurusan dari unsur-unsur Akademisi, Pelaku Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media (Pentahilix Ekosistem Ekraf). Tujuannya tentu untuk menguatkan jejaring antarpelaku ekonomi kreatif dan juga mengangkat potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Kukar.

Hal tersebut selaras dengan ditetapkannya Kabupaten Kukar sebagai Kabupaten Kreatif Indonesia dengan subsektor unggulan di bidang seni pertunjukkan, seni musik, dan perfilman. Saat ini, KeKraf Kukar telah membentuk KeKraf Kecamatan di Muara Badak, Sebulu, Tenggarong Seberang, Kota Bangun, Muara Jawa, Sangasanga dan juga Samboja.

Beragam program kerja KeKraf Kukar telah berhasil dilaksanakan dan mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat. Antara lain, seperti Festival Film Mahakam Pride, Kukar Menari, Tenggarong Creative Festival, Kukar Youth Festival, KeKraf Food Fest, Senandung Mahakam, Festival Kampong Berdaya, dan masih banyak lagi.

Selain menghibur masyarakat dan mendorong kreativitas pegiat seni di Kabupaten Kukar, deretan acara ini ini turut membawa perputaran ekonomi bagi para pelaku UMKM daerah, seperti pada acara Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF). KeKraf Kukar mencatat, pagelaran seni tersebut mampu mencetak perputaran dana hingga menyentuh Rp4,073 miliar.

Gelaran TIFAF merupakan kolaborasi Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Pesertanya datang dari beberapa negara yang bergabung dalam anggota organisasi CIOFF (International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts).

Sukses Majukan Ekraf Daerah, Pemkab Kutai Kartanegara Terima Penghargaan Indonesia Awards 2023

Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF). (Foto: dok instagram KeKraf)

Selama sepekan pelaksanaan TIFAF di Tenggarong, para peserta akan mengikuti berbagai jenis kegiatan, di antaranya kirab budaya, pertunjukan dan pertukaran seni budaya, folklore and art street performance, festival kuliner, dan city tour.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)