Industri Kecil dan Menengah Berpeluang Besar Tumbuh di Klaten

Rabu, 30 Agustus 2023 - 21:55 WIB
loading...
Industri Kecil dan Menengah Berpeluang Besar Tumbuh di Klaten
Diklat Pengolahan dan Penyajian Kopi (Barista) Angkatan VI di Klaten, Jawa Tengah. Foto/Ist
A A A
KLATEN - Industri kecil dan menengah mempunyai peluang besar tumbuh di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kondisi ini tidak terlepas sumber utama produk domestik regional bruto (PDRB) Klaten saat ini berasal dari industri pengolahan.

Selama lima tahun terakhir struktur ekonomi Klaten didominasi tiga lapangan usaha yakni industri pengolahan di posisi pertama, disusul perdagangan besar, dan pertanian kehutanan.



Saat ini banyak investor yang berlomba menanamkan investasinya di Klaten. Mereka berani mengucurkan modal untuk membangun industri dari level kecil hingga besar.

Kondisi ini mengharuskan kaum muda Klaten harus melihat potensi berkembangnya industri menengah dan kecil sebagai peluang.

Jika industri pengolahan telah menjadi sumber utama PDRB, maka bisa diartikan jika pasar yang menyerap berbagai produk industri telah terbentuk.

"Maka industri menengah dan kecil akan mempunyai peluang besar tumbuh dan memberikan dampak nyata bagi kaum muda di Klaten,” ujar Bacaleg DPR RI Dapil Jawa Tengah V Phurnama Dhedy Setyawan di sela penutupan Diklat 3 In 1, Pengolahan dan Penyajian Kopi (Barista) Angkatan VI di Klaten, Selasa (29/8/2023).



Purnama Dhedhy Styawan yang akrab disapa Mas Dhedy mengatakan, peluang ini harus dimanfaatkan dengan cara meningkatkan kapabilitas diri dan jaringan seperti mengikut Diklat Pengolahan dan Penyajian Kopi.

“Para investor tentu tidak sembarangan menanamkan modalnya, jika mereka berani maka pasti ada peluang untuk meraih keuntungan,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)