Penampakan Lahan Lereng Gunung Semeru Hangus Terbakar sejak 18 Agustus

Senin, 28 Agustus 2023 - 13:39 WIB
loading...
Penampakan Lahan Lereng...
Kebakaran di kawasan lereng Gunung Semeru di perbatasan Malang dan Lumajang, Jawa Timur akhirnya berhasil dipadamkan setelah petugas berjibaku selama sepekan. Foto/Relawan Saver Semeru
A A A
MALANG - Kebakaran lahankawasan lereng Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur akhirnya berhasil dipadamkan. Petugas berhasil memadamkan kobaran api setelah berjibaku nyaris satu pekan lebih sejak 18 Agustus 2023 yang lalu.

Tim gabungan dari petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS), relawan, TNI polri, masyarakat peduli api, berhasil memadamkan api.



Proses pemadaman api dilakukan dengan cara manual dengan memukul-mukulkan sumber titik api dengan ranting dan alat. Sulitnya sumber air di atas gunung dan kemiringan objek hingga 60 derajat yang terbakar menjadi kendala.



"Perkembangan terakhir terpantau pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2023. Kebakaran di titik awal seperti di jalur pendakian Semeru sudah berhasil dipadamkan," ucap Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani, Senin (28/8/2023).

Meski telah padam, petugas dari BB-TNBTS dan relawan juga masih melakukan patroli pemantauan di titik-titik api yang sebelumnya padam, serta titik api yang kemungkinan muncul berbeda dengan titik sebelumnya.

"Kami melakukan pemantauan dan patroli kebakaran di kawasan titik lain yang berpotensi terjadinya kebakaran dengan menempatkan petugas dan mobiling di kawasan tersebut," katanya.



Sejauh ini luasan lahan yang terbakar di kawasan Gunung Semeru Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, belum diketahui. Petugas masih fokus untuk melakukan upaya-upaya pemantauan dan antisipasi kemunculan adanya titik api yang muncul.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3355 seconds (0.1#10.140)