Sosok Arya Wiraraja, Aktor Pemberontakan Kerajaan Singasari dan Penyelamat Raja Majapahit

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 08:00 WIB
loading...
Sosok Arya Wiraraja, Aktor Pemberontakan Kerajaan Singasari dan Penyelamat Raja Majapahit
Arya Wiraraja dan Raden Wijaya. Foto/Ilustrasi
A A A
Istana Singasari atau Tumapel diserbu Raja Jayakatwang dari Kediri. Upaya perebutan istana oleh Raden Wijaya, menantu Kertanagara raja terakhir Singasari ini gagal. Raden Wijaya dan pasukannya pun melarikan diri dari ibu kota kerajaan ke luar.

Ia dan pasukannya melarikan diri ke utara dari ibu kota kerajaan. Tujuan utama dari Raden Wijaya dan pasukannya ini adalah Sumenep, Arya Wiraraja. Menariknya sang menantu Kertanagara ini tak tahu bila Arya Wiraraja yang mendalangi pemberontakan di Singasari.

Konon Arya Wiraraja memiliki dendam pribadi dengan Kertanagara. Sebab ia dimutasi dari pejabat tinggi di istana menjadi adipati di wilayah Sumenep Madura, hal ini yang membuatnya sakit hati.



Tetapi Raden Wijaya tak mengetahui bahwa ada sosok Arya Wiraraja di balik pemberontakan.

Alhasil dia meminta perlindungan ke Arya Wiraraja, yang akhirnya dikabulkan oleh sang Adipati Sumenep, sebagaimana dikutip dari “Menuju Puncak Kemegahan: Sejarah Kerajaan Majapahit”.

Setibanya di Pulau Madura, Raden Wijaya dan pengikutnya segera menuju kota Sumenep untuk menemui adipati Wiraraja. Arya Wiraraja sedang dihadap oleh para punggawa.Bubarlah para punggawa ketika raden Wijaya masuk balai. Arya Wiraraja pun tergopoh - gopoh pulang. Peristiwa itu benar-benar membuat bingung Raden Wijaya serta pengikutnya.



Mereka tidak tahu apa yang akan terjadi. Namun tidak lama kemudian Wiraraja datang kembali, membawa kuda yang telah berpelana. Raden Wijaya dipersilakan naik diiring ke rumahnya.

Istrinya telah menyediakan segala apa yang ada untuk menjamu para tetamunya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)
pixels