Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Hidupkan Lagi Semangat Gotong Royong Masyarakat

Minggu, 20 Agustus 2023 - 02:09 WIB
loading...
Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Hidupkan Lagi Semangat Gotong Royong Masyarakat
Kegiatan gotong royong dan hiburan bertajuk Dalam Guyub Kita Percaya telah digelar di beberapa kota salah satunya di Yogyakarta. Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Kegiatan gotong royong dan hiburan bertajuk “Dalam Guyub Kita Percaya” telah digelar di beberapa kota, yakni Bandung, Yogyakarta, Bali, Palembang, Medan, Banten, Nusa Tenggara Timur, serta Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Dalam kegiatan gotong royong yang dinisiasi Grab Indonesia dan OVO itu, berbagai komunitas melakukan beragam aksi, seperti pelestarian lingkungan, perbaikan, dan pembangunan fasilitas umum di wilayah pemukiman warga, serta misi kemanusiaan.

Salah satunya seperti di Brayut, Yogyakarta, beberapa waktu lalu. Di desa wisata itu dilangsungkan kegiatan goyong royong mengecat tembok fasilitas umum, gapura, hingga menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan menanam tumbuhan agar tampak lebih asri.



Selain itu, juga ada acara hiburan yang bisa diikuti masyarakat setempat. Dari beragam lomba yang seru, bazaar, hingga joget bersama.

Dalam mendukung komunitas tersebut melakukan gotong royong dan hiburan, Grab Indonesia bersama OVO berdonasi hingga Rp1,5 miliar. Donasi tersebut tersebar untuk 8 kota di Indonesia, sebagaimana disebut di atas.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyebutkan, melalui inisiatif ini, Grab dan OVO bersama dengan BenihBaik ingin membangkitkan kembali semangat keguyuban, karakter khas orang Indonesia yang selalu dibanggakan.

"Kami mendukung teman-teman komunitas untuk menghidupkan semangat gotong royong dalam berbagai inisiatif yang memberikan dampak positif bagi warga dan lingkungan," ujar Neneng dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

"Aksi ini sendiri melibatkan warga dari berbagai elemen. Beragam aksi sosial dilakukan mulai dari membersihkan lingkungan tempat tinggal, pantai, dan sungai, menanam mangrove, hingga membenahi fasilitas umum seperti lapangan olahraga, gapura, sekolah, dan panti sosial. Selain gotong royong, warga juga turut serta dalam lomba tradisional 17-an," jelas dia.

Di sini, masyarakat di wilayah lainnya juga bisa turut membantu kegiatan gotong royong melalui sebuah kode promo di berbagai layanan Grab selama periode 10 Agustus-21 September 2023.

Jumlah dari penggunaan kode promo itu pun didonasikan kepada berbagai komunitas melalui BenihBaik, yang juga berperan menyaring komunitas-komunitas dari berbagai wilayah di Indonesia.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9044 seconds (0.1#10.140)