Dikukuhkan Jadi Warga Sedulur Sikep Samin, Bacaleg Perindo Transtoto Handadhari: Secara Pribadi Tertarik Bergabung

Kamis, 24 Agustus 2023 - 10:19 WIB
loading...
Dikukuhkan Jadi Warga Sedulur Sikep Samin, Bacaleg Perindo Transtoto Handadhari: Secara Pribadi Tertarik Bergabung
Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo, Dr. Transtoto Handadhari sah dikukuhkan sebagai warga Samin dalam upacara adat Sedulur Sikep Samin di Pendopo Agung Sedulur Sikep. Foto/
A A A
BLORA - Dalam upacara adat Sedulur Sikep Samin di Pendopo Agung Sedulur Sikep, Desa Sambong Rejo, Kecamatan Sambong, Blora, pada Rabu, 23 Agustus 2023, Dr. Transtoto Handadhari sah dikukuhkan sebagai warga Samin.

Kelompok Samin, yang dikenal sebagai kelompok yang gigih melawan kolonial penjajah Belanda tanpa senjata merupakan komunitas adat yang unik.

Komunitas Samin, pewaris ajaran Ki Samin Suro Sentiko (tahun 1.800-an), saat ini memiliki sekitar 10.000 KK yang berpusat di Kabupaten Blora, dan tersebar di Jawa Tengah sampai ke daerah-daerah terpencil di Nusantara, seperti di Pulau Buru dan lainnya.

"Prinsip kehidupan berkebaikan terhadap sesama (sedulur) didasarkan pada ucapan, pikiran dan perilaku yang becik (baik)," tutur Mbah Pramugi Prawiro Wijoyo, Pemimpin Tertinggi Samin pada acara tersebut.

">

"Kejujuran adalah pangkal utama moral manusia. Ditambah kesederhanaan tidak membedakan suku, agama, kekayaan, derajat dan fisik, merupakan pegangan roh kehidupan warga Samin," tambahnya.

Roh keyakinan itulah yang menarik Transtoto, mantan Direktur Utama Perum Perhutani (2005-2008), untuk bergabung menghayati ajaran Samin.

"Saya secara pribadi tertarik bergabung menjadi Warga Samin. Ini tidak ada urusannya dengan pencalegan dan dukungan warna politik," tegas Transtoto yang dikenal luas sebagai rimbawan sejati.

"Alergi berpolitik praktis adalah dosa orang-orang baik, termasuk rimbawan, yang berakibat hutan Indonesia rusak parah," pungkas Transtoto.

Seperti diketahui, Dr. Transtoto adalah Bacaleg DPR RI Partai Perindo Dapil Jateng III Blora Raya. Diyakini bahwa kiprah Transtoto tersebut berdampak positif bagi Partai Perindo, dimana Transtoto telah bergabung sejak akhir 2022.

Pada 2006, Transtoto merupakan Wakil Ketua Umum Balitbang DPP Partai Golkar.

Transtoto hingga kini masih menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan PedulI Hutan Indonesia (YPHI) yang di antaranya bergabung Prof. Dr. Emil Salim dan Djamaloedin Soeryohadikoesoemo.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)