Ridwan Kamil soal Elektabilitasnya Tinggi di Pemilu 2024: Takdir Tak Ditentukan Survei

Rabu, 23 Agustus 2023 - 13:52 WIB
loading...
Ridwan Kamil soal Elektabilitasnya Tinggi di Pemilu 2024: Takdir Tak Ditentukan Survei
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku memiliki tiga pilihan dalam Pemilu 2024. Pilihan ini berdasarkan hasil survei dari beberapa lembaga yang dinilainya cukup bagus.

Adapun ketiga pilihannya tersebut adalah maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat periode kedua, maju sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta, dan terakhir menjadi bakal calon Wakil Presiden.

"Gubernur Jabar lagi masih punya hak, survei juga bagus. Bulan April kita survei kepuasan publik 90,6 persen, Alhamdulillah kemudian yang menyatakan ingin menjadi Gubernur lagi di Jawa Barat 70 persen oke," ucap Kang Emil, sapaan akrabnya usai acara Indonesia Digital Conference (IDC) yang digelar di Hotel El Royale, Kota Bandung pada Rabu (23/8/2023).

Terkait survei bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Kang Emil mengaku merasa heran. Sebab sepengalamannya, dirinya jarang berkegiatan atau menyapa masyarakat di ibu kota negara itu.


">

Kendati demikian, suami dari Atalia Praratya ini sangat mengapresiasi dorongan dari masyarakat yang meminta dirinya untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

"DKI survei bagus, padahal saya enggak pernah jalan-jalan di Sudirman, Thamrin car free day kan enggak ada, bisa aja tapi nggak bisa diputuskan sekarang," katanya.

Selain menjadi gubernur, Emil tidak memungkiri elektabilitasnya dalam survei bakal calon wakil presiden juga cukup bagus dalam beberapa bulan terakhir ini. Sehingga, ini juga menjadi alternatif pilihan lainnya di Pemilu 2024.

"Ke nasional juga tadi survei cawapresnya bagus-bagus, tapi kan takdir tidak ditentukan oleh survei Pak Maruf Amin nggak ada surveinya. takdirnya tiba-tiba ditelepon H-1 jadi wapres, jadi takdir itu tidak selalu matematika," ungkapnya.

Kang Emil menyebut, survei yang saat ini belum tentu juga sesuai nantinya. Sebab menurutnya, dalam politik semuanya sangat dinamis, banyak keputusan yang akan mengejutkan dan strategi yang berbeda dari yang muncul saat ini.

"Wakil presiden itu bisa nurunin (elektabilitas) bisa naikkin. Jadi masih jauh. Perkiraan-perkiraan itu masih jauh, jangan baper sama survei," tandasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)