Maskapai Penerbangan Dunia Antre Masuk ke DIY

Jum'at, 24 Februari 2017 - 09:47 WIB
Maskapai Penerbangan Dunia Antre Masuk ke DIY
Maskapai Penerbangan Dunia Antre Masuk ke DIY
A A A
YOGYAKARTA - Sejumlah maskapai penerbangan besar di dunia sudah antre untuk masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Mereka menyatakan minatnya melakukan penerbangan langsung ke DIY seiring pembangunan bandara baru, New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan optimismenya terkait pembangunan bandara baru. Dengan kapasitas yang jauh lebih besar maka akan memberikan potensi pesawat-pesawat berbadan besar melakukan penerbangan langsung dari DIY.

Bahkan, lanjut Sri Sultan, meski baru mulai dibangun, sejumlah maskapai sudah menyatakan minatnya. "Saya sudah punya daftar maskapai mana yang ingin masuk ke DIY," tuturnya di Yogyakarta, Jumat (24/2/2017).

Dia menyebutkan, beberapa maskapai besar seperti Emirat, Ettihad, Bangkok Air sudah menyatakan minatnya melakukan penerbangan langsung dari negaranya ke DIY. Minat tersebut mereka nyatakan setelah melihat desain bandara baru yang memiliki ruang landasan lebih besar dibanding yang ada di Bandara Adisutjipto saat ini.

Bandara NYIA akan memiliki panjang landasan 3.600 meter, meskipun tahap awal baru dibangun 3.200 meter sementara bandara Adisutjipto hanya 2.400 meter. Dengan ruang landasan yang lebih besar maka pesawat berbadan lebar seperti Boing 777 ataupun Airbuss 360 bisa mendarat di bandara ini.

"Saya yakin, jumlah wisatawan yang masuk ke DIY akan naik signifikan," ujar Sri Sultan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9693 seconds (0.1#10.140)