Sempat Jadi Pelatih Paskibra di 4 Sekolah, Ridwan Kamil: Baris Berbaris Mengandung Filosofi Disiplin

Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:23 WIB
loading...
Sempat Jadi Pelatih Paskibra di 4 Sekolah, Ridwan Kamil: Baris Berbaris Mengandung Filosofi Disiplin
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin Apel Paskibra di Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Foto/MNC Media
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengenang semasa menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di sekolah pada 35 tahun silam. Bahkan ia juga sempat melatih Paskibra di empat sekolah.

Hal itu ia disampaikan saat memimpin upacara apel Paskibra tingkat Provinsi di lapangan Gasibu Kota Bandung, Minggu (20/8/2023).

"Saya adalah Paskibra 35 tahun yang lalu, dan juga menjadi pelatih di empat sekolah di seluruh Kota Bandung," ujar Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, jika jiwa nasionalisme dapat muncul saat menjadi Paskibra. Maka dari itu, tidak memungkinkan jika para peserta Paskibra tahun ini berpeluang menjadi Gubernur Jawa Barat pada masa mendatang.


">

Kang Emil juga membagikan kisah dirinya saat menjadi Paskibra di sekolahnya 35 tahun silam, Bahkan dia juga pernah menjadi pelatih Paskibra.

“Melatih anak-anak SMA, memberi semangat jiwa korsa, mengedukasi nasionalisme, bahwa semangat mencintai Tanah Air bisa dimulai dari semangat baris berbaris yang mengandung filosofi disiplin, kejujuran dan lain sebagainya,” ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan, jika 22 tahun mendatang, atau genap seratus tahun Indonesia Merdeka, bahwa Indonesia diprediksi menjadi negara super power nomor empat di dunia.

“Di tahun itu kita mengalahkan semua penjajah-penjajah yang pernah datang ke Nusantara,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengaku sudah menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) terkait kegiatan wajib Paskibra di setiap sekolah-sekolah yang ada di wilayah Jabar.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)